KURIKULUM PRODI S2 BIOLOGI

Semester 

Mata Kuliah

Kode

sks

 

Biologi Sel dan  Molekuler

BIO 5111

2

 

Biodiversitas

BIO 5112

2

I

Bioekologi

BIO 5113

2

 

Bioproses

BIO 5114

2

 

Konservasi Sumber Daya Hayati

BIO 5115

2

 

Metodologi Penelitian

BIO 5118

2

 

Biostatistika

BIO 5213

2

 

Wajib Bidang

BIO xxxx

4

II

Pilihan 1

BIO xxxx

2

 

Pilihan 2

BIO xxxx

2

 

Seminar Proposal

BIO 5312

1

III

Pilihan 3

BIO xxxx

2

 

Pilihan 4

BIO xxxx

2

 

Penulisan Artikel Ilmiah

BIO 5411

2

IV

Seminar Hasil Penelitian

BIO 5414

1

 

Tesis

BIO 5413

6

 

TOTAL

 

37

 Mata Kuliah Wajib per Bidang (pada semester Genap)

Bidang

Mata Kuliah

Kode

sks

Biodiversitas

1. Bisistematika

BIO 5221

2

 

2. Biologi Evolusi

BIO 5222

2

Bioekologi

1. Ekologi Populasi

BIO 5231

2

 

2. Pemantauan dan Pengelolan Habitat

BIO 5232

2

Bioproses

1. Bioteknologi

BIO 5241

2

 

2. Biologi Perkembangan

BIO 5242

2

Mata Kuliah Pilihan per Bidang (ganjil dan genap)

Bidang

Mata Kuliah

Kode

sks

 

1. Assesment Ekonomi Biodiversitas

BIO 5224

2

 

2. Etnobiologi

BIO 5225

2

Biodiversitas

3. Sitotaksonomi Lanjut

BIO 5226

2

 

4. Palinologi

BIO 5227

2

 

5. Sistematika Molekuler

BIO 5228

2

 

1. Interaksi Serangga dengan Tumbuhan

BIO 5234

2

 

2. Konservasi Satwa Liar

BIO 5235

2

Bioekologi

3. Ekologi Lanskap

BIO 5236

2

 

4. Ekologi Akuatik

BIO 5237

2

 

5. Ekososiologi Hewan

BIO 5238

2

 

1. Metabolisme

BIO 5244

2

 

2. Biofermentasi

BIO 5245

2

Bioproses

3. Genetika Perkembangan

BIO 5246

2

 

4. Interaksi Mikroba dengan Tumbuhan

BIO 5247

2

 

5. Biokontrol

BIO 5248

2

 

KURIKULUM
S2 BIOLOGI
FMIPA UNIVERSITAS ANDALAS

 

Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi S2 Biologi MIPA UNAND

CP Sikap dan tata nilai:

ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; dan

ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

 

CP Penguasaan Pengetahuan:

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

 

 

 

 

CP Keterampilan Khusus:

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi.

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .

 

CP Keterampilan Umum dan Soft Skills:

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS7.    Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

 

 

 

Profil lulusan PS S2 Biologi:

Matriks profil lulusan dan capaian pembelajaran PS S2 Biologi FMIPA UNAND

 

No

Profil Lulusan

Capaian Pembelajaran

1

Peneliti

ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan

ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

 

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

2

Dosen

ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan

ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan. Dan

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS1. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

2

Konsultan Lingkungan

 

ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;.

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan. Dan

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

3

Tenaga Ahli

ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan

ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi.; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

                                                                                   Padang, 19 Maret 2018

Dekan FMIPA UNAND                                                      Ka Prodi S2 Biologi UNAND

 

 

 

 

Prof. Dr. Masyurdin, MS                                                  Dr. Jabang Nurdin

NIP. 19600213 1987 03 1005                                        NIP.1970 0705 1999031002

 

Kaprodi S2 Biologi : Dr. Jabang Nurdin

Latar Belakang

Program Studi Biologi dibuka berdasarkan surat izin Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.77/DIKTI/Kep/1997. Badan Akreditasi Nasional pada tahun 2009 telah memberikan predikat B untuk Program Magister Program Studi Biologi sampai tahun 2014. Program Studi Biologi sebagai penyelenggara pendidikan memfokuskan kajian tentang keanekaragaman hayati dan ekosistem, pemanfaatan serta pelestariannya untuk kejayaan bangsa, sehingga dihasilkan Magister Sains yang berkualitas.

Pemusatan

Sesuai dengan visi dan misi jurusan Biologi secara umum, maka sejak tahun akademik 2014/2015 Program Magister Biologi telah membuka tiga pemusatan yaitu BIOEKOLOGI, BIOSISTEMATIKA dan BIOPROSPEKSI

Sistim Penyelenggaraan dan Lama Pendidikan

Pendidikan diselenggarakan dengan pola perkuliahan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) dengan beban studi adalah 36-40 sks termasuk didalamnya tesis. Program ini direncanakan berlangsung dalam 4 semester (2 tahun), namun bagi yang dapat bekerja lebih giat program ini bahkan dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 4 semester.  Perkuliahan dilaksanakan setiap hari kerja pada pagi, siang dan sore bertempat di gedung Program Pascasarjana Universitas Andalas dan Kampus Biologi FMIPA UNAND Limau Manis.

Beasiswa

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyediakan sejumlah beasiswa BPP-DN bagi  mereka yang bekerja di  lingkungan Perguruan Tinggi. Bagi mahasiswa dengan pembiayaan sendiri berpeluang mendapatkan bantuan penelitian dari sumber dana dalam dan luar negeri. Mahasiswa yang berprestasi berpeluang mengikuti student exchange ke luar negeri (Jepang). Terbuka peluang bagi mahasiswa memperoleh dana penelitian melalui kerjasama dengan dosen yang mendapat hibah penelitian baik nasional maupun internasional.

Kompetensi Lulusan

Sejak tahun akademik 2005/2006 telah dibuka pemusatan Ekologi, Biodiversitas dan Bioproses, kompetensi lulusan dari program studi S2 Biologi adalah sebagai berikut: 1. Mempunyai kemampuan megembangkan dan memutakhirkan konsep-konsep ekologi keanekaragaman dan pemanfaatan SDA daerah tropika dengan cara menguasai dan memahami pendekatan dan metode, kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya. 2. Memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan lingkungan melalui kegiatan penelitian, pengembangan dan penggalian potensi biodiversitas. 3. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya dengan ketajaman analisis, keserbacakupan tinjauan, keterpaduan dalam memecahkan permasalahan lingkungan, memecahkan permasalahan plasma nutfah dan penggalian potensi spesies liar.

Staf Pengajar

  1. Prof. Dr. Dahelmi, MS
  2. Prof. Dr. Mansyurdin, M.S
  3. Prof. Dr. Syamsuardi Msc.
  4. Prof. Dr. Erizal Mukhtar, M.Sc
  5. Dr. Anthoni Agustien, MS
  6. Dr. Chairul M, MS
  7. Dr. Dewi Imelda Rosema MS
  8. Dr Warneti Munir, MS
  9. Dr. phil. nat. Periadnadi
  10. Dr. Nasril Nasir
  11. Dr. Syaifullah
  12. Dr. phil. nat. Nurmiati
  13. Dr. Tesri Maideliza, M.Sc
  14. Dr. Zozy Aneloi Noli, M.P
  15. Dr. Djong Hon Tjong, M.Si
  16. Dr. Feskaharny Alamsjah, M.S
  17. Dr. Jabang, MSi
  18. Dr. Wilson Novarino, M.Si
  19. Dr. Henny Herwina, M.Sc
  20. Dr. rer. nat. Ir. Indra Junaidi Z.,M.S
  21. Dr. Ir. Efrizal, M.S
  22. Dr. Mairawita, MSi
  23. Dr. Rizaldi MSc.
  24. Dr. Nurainas MSi
  25. Dr. Fuji Astuti Febria MSi
  26. Dr. Resti Rahayu MSi
  27. Dr. Nofrita,M.Si