BERITA BIOLOGI

Selamat atas wisuda mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana Departemen Biologi pada periode wisuda II 2025 Selamat atas wisuda mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana Departemen Biologi pada periode wisuda II 2025 Minggu, 04 Mei 2025 Selamat atas wisuda mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana Departemen Biologi pada periode wisuda II 2025 yang dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2025 di gedung Plaza Fakultas MIPA Universitas Andalas. Pada wisuda kali ini departemen biologi meluluskan lima sarjana (S1) dan dua magister (S2).Lulusan terbaik...
Biosafety Training for Wildlife. Handling & Sampling (Post-Training for S.O.P Compliance and Optimize Field Practice). Biosafety Training for Wildlife. Handling & Sampling (Post-Training for S.O.P Compliance and Optimize Field Practice). Rabu, 16 April 2025   Kelompok Riset Zoomal bekerja sama dengan Departemen Biologi FMIPA Universitas Andalas menyelenggarakan pelatihan Wildlife Handling and Sampling, yang merupakan kelanjutan dari pelatihan biosafety yang telah dilaksanakan sebelumnya pada Juli 2024 tahun lalu. Kelompok riset ini berfokus pada pendekatan...
Departemen Biologi Fakultas MIPA Universitas Andalas Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1416 H Departemen Biologi Fakultas MIPA Universitas Andalas Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1416 H Jumat, 04 April 2025   Seluruh Civitas Akademika Departemen Biologi Fakultas MIPA Universitas Andalas Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1416 H 2025 M. Semoga amal ibadah kita diberkahi Allah SWT.
Buka Bersama Departemen Biologi 2025 Hadirkan Dosen dan Tenaga Kependidikan Purnabakti Dalam Rangka Mempererat Tali Silaturahmi Buka Bersama Departemen Biologi 2025 Hadirkan Dosen dan Tenaga Kependidikan Purnabakti Dalam Rangka Mempererat Tali Silaturahmi Jumat, 04 April 2025   Padang 19 Maret 2025, Civitas Akademika Departemen Biologi Fakultas MIPA Universitas Andalas menghadirkan Dosen dan Tenaga Kependidikan Purnabakti untuk memeriahkan acara berbuka puasa bersama yang di adakan di Plaza Departemen Biologi. Selain itu, Departemen Biologi juga turut...
Pisah Sambut Kepengurusan Departemen Biologi Pisah Sambut Kepengurusan Departemen Biologi Kamis, 03 April 2025 Departemen Biologi Fakultas MIPA Universitas Andalas menggelar acara Pisah Sambut Kepengurusan Departemen Biologi di Ruang Seminar Lantai 2 Departemen Biologi pada hari Kamis 13 Maret 2025. Prof. Dr. Henny Herwina sebagai Ketua Departemen pada kepengurusan Departemen Biologi...
Serah Terima Jabatan Perangkat Departemen Biologi untuk periode 2025 - 2030   Serah Terima Jabatan Perangkat Departemen Biologi untuk periode 2025 - 2030   Rabu, 26 Maret 2025 Padang, 6 Maret 2025, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Andalas (UNAND) secara resmi telah melaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan Perangkat Departemen Biologi yang baru untuk periode 2025-2030. Kegiatan dilaksanakan di ruang sidang Dekanat lantai 2 Fakultas...

 KURIKULUM PRODI S2 BIOLOGI

Semester 

Mata Kuliah

Kode

sks

 

Biologi Sel dan  Molekuler

BIO 5111

2

 

Biodiversitas

BIO 5112

2

I

Bioekologi

BIO 5113

2

 

Bioproses

BIO 5114

2

 

Konservasi Sumber Daya Hayati

BIO 5115

2

 

Metodologi Penelitian

BIO 5118

2

 

Biostatistika

BIO 5213

2

 

Wajib Bidang

BIO xxxx

4

II

Pilihan 1

BIO xxxx

2

 

Pilihan 2

BIO xxxx

2

 

Seminar Proposal

BIO 5312

1

III

Pilihan 3

BIO xxxx

2

 

Pilihan 4

BIO xxxx

2

 

Penulisan Artikel Ilmiah

BIO 5411

2

IV

Seminar Hasil Penelitian

BIO 5414

1

 

Tesis

BIO 5413

6

 

TOTAL

 

37

 Mata Kuliah Wajib per Bidang (pada semester Genap)

Bidang

Mata Kuliah

Kode

sks

Biodiversitas

1. Bisistematika

BIO 5221

2

 

2. Biologi Evolusi

BIO 5222

2

Bioekologi

1. Ekologi Populasi

BIO 5231

2

 

2. Pemantauan dan Pengelolan Habitat

BIO 5232

2

Bioproses

1. Bioteknologi

BIO 5241

2

 

2. Biologi Perkembangan

BIO 5242

2

Mata Kuliah Pilihan per Bidang (ganjil dan genap)

Bidang

Mata Kuliah

Kode

sks

 

1. Assesment Ekonomi Biodiversitas

BIO 5224

2

 

2. Etnobiologi

BIO 5225

2

Biodiversitas

3. Sitotaksonomi Lanjut

BIO 5226

2

 

4. Palinologi

BIO 5227

2

 

5. Sistematika Molekuler

BIO 5228

2

 

1. Interaksi Serangga dengan Tumbuhan

BIO 5234

2

 

2. Konservasi Satwa Liar

BIO 5235

2

Bioekologi

3. Ekologi Lanskap

BIO 5236

2

 

4. Ekologi Akuatik

BIO 5237

2

 

5. Ekososiologi Hewan

BIO 5238

2

 

1. Metabolisme

BIO 5244

2

 

2. Biofermentasi

BIO 5245

2

Bioproses

3. Genetika Perkembangan

BIO 5246

2

 

4. Interaksi Mikroba dengan Tumbuhan

BIO 5247

2

 

5. Biokontrol

BIO 5248

2

 

KURIKULUM
S2 BIOLOGI
FMIPA UNIVERSITAS ANDALAS

 

Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi S2 Biologi MIPA UNAND

CP Sikap dan tata nilai:

ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; dan

ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

 

CP Penguasaan Pengetahuan:

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

 

 

 

 

CP Keterampilan Khusus:

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi.

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .

 

CP Keterampilan Umum dan Soft Skills:

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS7.    Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

 

 

 

Profil lulusan PS S2 Biologi:

Matriks profil lulusan dan capaian pembelajaran PS S2 Biologi FMIPA UNAND

 

No

Profil Lulusan

Capaian Pembelajaran

1

Peneliti

ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan

ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

 

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

2

Dosen

ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan

ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan. Dan

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS1. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

2

Konsultan Lingkungan

 

ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;.

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan. Dan

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

3

Tenaga Ahli

ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan

ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi.; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

                                                                                   Padang, 19 Maret 2018

Dekan FMIPA UNAND                                                      Ka Prodi S2 Biologi UNAND

 

 

 

 

Prof. Dr. Masyurdin, MS                                                  Dr. Jabang Nurdin

NIP. 19600213 1987 03 1005                                        NIP.1970 0705 1999031002

 


Profil Kampus

Calendar

« July 2025 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31      

Statistik Kunjungan

10949424
Today
This Week
This Month
All days
336
9087
336
10949424

 

Kontak Kami

Sekretariat Departemen Biologi:

Universitas Andalas
Gd. Departemen Biologi Fakultas MIPA 
Limau Manis 25163 

Kontak dan E-mail

Telp. (0751) 777427, Fax. (0751) 71343

Email: biologi@sci.unand.ac.id