Biologi

Biologi

27 September 2023

Departemen Biologi FMIPA Universitas Andalas (UNAND) menjalin kerjasama dengan Departemen Biologi FMIPA IPB University, Perhimpunan Entomologi Indonesia, dan Asosiasi Perlebahan Indonesia dalam menyelenggarakan sebuah Guess Lecture yang berlangsung pada hari Rabu, tanggal 27 September 2023. Kegiatan yang berlangsung di Plaza Biologi FMIPA UNAND ini diselenggarakan dari pukul 16.00 hingga 18.00 WIB.

Guess Lecture kali ini menjadi sorotan karena menghadirkan salah satu pakar dalam bidang Barcode DNA serangga, yaitu Prof. Dr. Ir. Rika Raffiudin, MSi, yang merupakan Dosen dari Departemen Biologi FMIPA IPB University. Dalam kuliah tamu yang berjudul "Insects DNA Barcode: Studies in Indonesian Archipelagoes," Prof. Rika memberikan wawasan mendalam tentang aplikasi dan penelitian terbaru mengenai kode DNA serangga. Peserta kuliah tamu terdiri dari dosen, mahasiswa sarjana, dan pascasarjana Departemen Biologi FMIPA UNAND.

02 Oktober 2023

Tim mahasiswa yang berasal dari Departemen Biologi FMIPA Universitas Andalas (UNAND) meraih medali perak dalam kompetisi 5th World Invention Competition and Exhibition (WICE) 2023 yang diadakan oleh MAHSA University, Malaysia. Prestasi membanggakan ini merupakan buah dari kerja keras dan dedikasi tim yang dipimpin oleh Riris Srikandi Mahardika, bersama dengan empat anggotanya, yakni Layla Azzahra, Fatimah Az Zahra, Annatashya Amelia Putri, dan Alicia Zatilaqmar Yunaz. Keberhasilan mereka juga tidak terlepas dari dukungan serta bimbingan Dr. Rita Maliza dari Departemen Biologi dan Dr. Apriwan dari Departemen Hubungan Internasional UNAND.

25 September 2023

Botafa tim Rafia, Fajar Irianto dan Alivia Zulkarnain

Mahasiswa Universitas Andalas di bawah bimbingan dosen Biologi , Dr. Feskaharny Alamsjah  telah menciptakan sebuah inovasi yang menggabungkan teknologi informasi dengan pendidikan dan konservasi. Dikenal sebagai "Boneka Tangan Fauna" atau singkatnya "Botafa," produk ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang konservasi fauna sambil memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia.

31 Agustus 2023

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang merupakan rangkaian kegiatan Bimbingan Aktifitas Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah (BAKTI) tahun 2023, Program Studi S1 Biologi melalukan perkenalan dengan mahasiwa baru angkatan 2023. Pada kata sambutannya Dekan FMIPA UNAND Prof. Dr. Syukri Arief, M.eng, menyampaikan bahwa Kegiatan BAKTI tahun 2023 ini berorientasi pada pengembangan diri bagi mahasiswa baru untuk menjadi seorang ilmuwan muda yang berkarakter dengan tema "Saintis muda : Tangguh, Berbudi, dan Berprestasi". Selama kegiatan BAKTI, mahasiswa baru diberikan pembekalan agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas. Secara lebih tegas, tujuan dari kegiatan BAKTI FMIPA Universitas Andalas tahun 2023 adalah untuk memberikan pengenalan dan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Andalas.