Biologi

Biologi

05 Januari 2023

(oleh Ahmad Fakhri, NIM. 1910421022)

 

Memasuki awal tahun 2023, kegiatan seminar yang rutin dilakukan Departemen Biologi Universitas Andalas dilaksanakan kembali dengan mengundang pemateri yang membahas topik menarik dan populer pada dunia konservasi saat ini. Seminar yang dikenal dengan Guest Lecture telah dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Januari 2023 tepat pada pukul 10.00 - 12.00 WIB. Seminar ini dilaksanakan secara hybrid di gedung Departemen Biologi Unand dan Media Zoom sehingga dapat dihadiri secara online atau offline. Pada kesempatan ini, Seminar Guest Lecture akan mengangkat topik “Evolutionary Biology, Systematics and Biogeography: Theory and Applications”. Materi akan disampaikan oleh salah satu Alumni dari Departemen Biologi Unand yang telah menyelesaikan Doktoral di Xishuangbanna Tropical Botanical Garden (XTBG) dan sedang menempuh pendidikan Postdoctoral di University of Hong Kong (HKU).

 

21 Desember 2022

Perempuan penggerak perlindungan perempuan dari kekerasan berbasis gender (KBG) pada masa bencana di Sumatera Barat merupakan program yang dilaksanakan oleh pemerintah di bawah naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlingungan Anak Sumatera Barat bekerja sama dengan Yayasan Kerti Kraja dan UNFPA. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi pada para perempuan yang telah berjasa dalam mengurangi kekerasan gender di tengang masyarakat terutama ketika adanya bencana di daerah sumatera barat.

01 Desember 2022

 

Departemen Biologi FMIPA Universitas Andalas ; 

 

DOWNLOAD E-BOOK

 

 

 

Link Download

 01b. Form Daftar Usulan MK Kegiatan MBKM Non Pertukaran Pelajar

 

 02. Form Ringkasan Usulan Kegiatan MBKM Non Pertukaran Pelajar

 

 03. Form Logbook Kegiatan MBKM Non Pertukaran Pelajar

 

 04. Form Penilaian Pembimbing Lapang Kegiatan MBKM Non Pertukaran Pelajar

 

 05. Form Penilaian Dosen Pembimbing Kegiatan MBKM Non Pertukaran Pelajar (jika diperlukan)  
 06. Form Rekapitulasi Penilaian Kegiatan MBKM Non Pertukaran Pelajar (jika diperlukan)  
 07. Form Surat Keterangan Konversi Nilai MBKM Non Pertukaran Pelajar

 

08.Template Laporan Kegiatan MBKM Non Pertukaran Pelajar

09 Form Workplan Peserta Magang Bersertifikat

10. Form Harian Peserta Magang

   
Panduan Sipena Dosen Pembimbing

Panduan Sipena Mahasiswa

 

29 November 2022

Usaha dan kerja keras dari Elni Fatimah, seorang mahasiswa dari Departemen Biologi FMIPA UNAND dalam menggerakkan upaya peduli lingkungan dalam berbagai kegiatan yang selama ini dilakukan tidak meenghianati hasil. Usaha bersama yang selama ini dilakukan teman- teman organisasi MAPALA menghantarkan dia menjadi salah seorang dari 2 orang yang terpilih di ajang Pemilihan Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Sumatera Barat 2022 yang diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat.

Elni Fatimah yang akrab disapa Imah ini merupakan seorang mahasiswa jurusan biologi FMIPA Universitas Andalas. Perannya dalam kegiatan pemerhati Lingkungan dimulai sejak dia aktif berkegiatan di organisasi pecinta alam fakultas MIPA yaitu KCA-LH RAFFLESIA FMIPA UNAND. KCA-LH RAFFLESIA FMIPA UNAND merupakan organisasi kepecintalaman yang khusus bergerak di bidang konservasi dan lingkungan hidup.