Biologi

Biologi

12 Juni 2023

Tiga mahasiswa Departemen Biologi Universitas Andalas lolos seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) di tingkat wilayah dan siap untuk bersaing di kompetisi nasional yang akan dihelat Institut Teknologi Bandung pada tanggal 13-17 Juni mendatang.

Aldi Tamara Rahman, Riris Srikandi Mahardika dan Aulia Rahmi merupakan perwakilan Universitas Andalas untuk mengikuti ONMIPA-PT bidang Biologi di tingkat nasional setelah melaju dari seleksi perguruan tinggi dan wilayah. Tiga mahasiswa biologi ini siap untuk bersaing dengan perwakilan dari perguruan tinggi lainnya dari seluruh Indonesia.

Persiapan yang matang dilakukan oleh tim pelatih dari Departemen Biologi FMIPA UNAND untuk melatih dan memotivasi para mahasiswanya dalam menghadapi kompetisi olimpiade tingkat nasional ini. Departemen Biologi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kesiapan mahasiswa biologi termasuk para pelatih. Berikut Departemen juga berharap keikutsertaan dan prestasi Mahasiswa biologi di ONMIPA nanti dapat mengharumkan nama Universitas Andalas.

Sebagaimana yang telah kita ketahui ONMIPA-PT adalah event tahunan yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Republik Indonesia. Kegiatan ONMIPA-PT ini merupakan salah satu kegiatan ajang talenta jenjang pendidikan tinggi yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dibidang Matematika dan IPA (Kimia, Fisika dan Biologi). Even ini dihelat dari seleksi perguruan tinggi, seleksi wilayah dan kompetisi nasional.

 

Lampiran Pengumuman >> klik disini

22 Mei 2023

Departemen Biologi Univesitas Andalas melaksanakan Workshop Survei Primata Mentawai yang telah dilakukan pada 8-10 Mei 2023. Workshop ini diadakan untuk mempersiapkan kader peneliti lapangan satwa primate Mentawai. Kegiatan workshop terdiri dari pembekalan materi selama dua hari di Plaza Biologi dan praktik lapangan pada hari ke-tiga di Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi Universitas Andalas.

27 Maret 2023

Lomba Biologi (LOBI) ke-20 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) Fmipa Unand tahun ini telah sukses digelar dengan tema menarik “One Vision, Take Action for the Ecosystem Restoration”. Dalam rangkaian kegiatan yang digelar selama 4 hari, para siswa siswi SMP dan SMA serta mahasiswa dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam berbagai cabang perlombaan, seperti Olimpiade Biologi (OBI), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Binom Games, Fotografi, Poster, Webinar, dan Open Lab.

Dengan total peserta sebanyak 1.118 orang dari seluruh Indonesia, LOBI ke-20 tahun 2023 berhasil memperlihatkan antusiasme tinggi dari para peserta yang peduli dengan lingkungan dan ekosistem. Tidak hanya itu, panitia juga menyediakan tempat penginapan yang murah bagi para peserta yang datang dari luar kota.

26 April 2023

BERITA DUKA

Innalillahi Wainnailaihi Roji'un

Turut berduka cita atas berpulangnya ke Rahmatullah saudara kita, Bapak Prof. Dr. Indra Junaidi Zakaria, M.Si. (Alam Permai blok C 10) dalam usia 56 tahun, pada hari Rabu tanggal 26 April 2023 , jam : 02.00 WIB._dan disemayamkan di rumah duka Komp Alam
Permai Blok C, Gunung Pangilun

 

Semoga diterima semua amal ibadah nya dan di ampuni segala kesalahan dosa2 nya, serta keluarga yang ditinggalkan oleh almarhumah, sabar dan ikhlas melepas kepergian beliau.

Aamiiin Yaa Rabbal 'Alamiiin.