Roni Kurniawan

Roni Kurniawan

15 Agustus 2019

Dalam rangka menindaklanjuti perjanjian kerjasama antara STKIP PGRI Sumatera Barat dengan FMIPA Universitas Andalas, empat mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat melaksanakan transfer kredit ke Prodi S1 Biologi FMIPA Universitas Andalas. Pengambilan mata kuliah tersebut berdasarkan hasil diskusi antara kedua prodi dengan mempertimbangkan kesamaan silabus kurikulum yang berlaku. Program transfer kredit ini memperbolehkan mahasiswa yang tertarik ingin mengambil mata kuliah di perguruan tinggi lain. Ketika mahasiswa sudah mengambil mata kuliah di kampus lain dan dinyatakan lulus, mereka akan melapor ke kampus asal. Kemudian akan disetarakan dengan mata kuliah yang ada di prodi terkait. Diharapkan dari program transfer kredit ini dapat saling meningkatkan kualitas pembelajaran di kedua prodi.


Sebelum memulai perkuliahan, keempat mahasiswa STKIP PGRI yang melaksanakan transfer kredit diberikan penjelasan dan pengenalan oleh Sekretaris Jurusan Biologi, Drs. Suwirmen, MS., bersama-sama Kaprodi S1 Biologi, Dr. Indra Junaidi Zakaria, dan Kaprodi S3 Biologi Prof. Dr. Dahelmi. Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir Ketua Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI, Dra. Rahmi, M.Si.

 

15 Juli 2019

 

Tim Pengabdian Jurusan Biologi FMIPA UNAND melakukan salah satu Kegiatan Tri Darma Pergruruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat dengan Mengusung tema “Budidaya Galo-galo serta Peluang Kerjasama Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah dalam Bidang Ekowisata”. Kegiatan dilaksanakan di Desa Santur, Kecamatan Barangin, Kota SawahLunto, Minggu 14 Juli 2019.

Hadir dalam pengabdian masyarakat tersebut 11 ahli sains dari 40 staff pengajar di Jurusan Biologi UNAND. Kehadiran ini juga diperkuat dengan kehadiran Prof. Dr. Siti Salmah yang merupakan dosen purnabakti Jurusan Biologi dan Dr. Jasmi yang merupakan alumni Pascasarjana. Akademisi tersebut berdiskusi dengan pemerintah dan masyarakat Sawahlunto yang antusias membahas budidaya Galo-galo.

Acara dibuka secara resmi oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH didampingi Camat dan Kepala Desa serta perangkat daerah lainnya. Hadir juga Kepala Dinas dan anggota masyarakat yang tergabung ke dalam komunitas pembudidaya galo-galo Sawahlunto yang dikoordinir oleh Hery.

25 Juni 2019

Kuliah Tamu dengan Narasumber:

Edwin Wira Pradana
(Manager Produksi Program Kemitraan Lanskap Sembilang Dangku, Zoological Society of London).

Tema: “Dunia NGO Konservasi: Bukan Melulu Camera Trap”