Biologi

Biologi

27 November 2022

Tepat pada hari Sabtu, 26 November 2022 pukul 09.00-11.30 WIB, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Laboratorium Fisiologi Tumbuhan mengadakan Kegiatan Webinar Kultur Jaringan Tumbuhan dengan tema “Teknik Dasar dan Advance Kultur Jaringan untuk Propagasi, Manipulasi Genetik, dan Konservasi Flora Potensial Indonesia”. Kegiatan webinar ini dilaksanakan oleh panitia yang mengambil mata kuliah Kultur Jaringan Tumbuhan yang dibimbing oleh dosen pengampu mata kuliah yaitu Ibu Dr. Zozy Aneloi Noli dan Bapak Dr. M. Idris. Webinar ini dibuka untuk umum dengan tujuan yang sesuai dengan visi dan misi Departemen Biologi, Universitas Andalas yaitu mengkaji dan mengembangkan biodiversitas dan konservasi sumberdaya hayati, dan melakukan kerjasama untuk mendukung kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi. Tentunya kegiatan ini didukung penuh oleh pihak Departemen Biologi karena disamping menambah wawasan tentang menariknya ilmu kultur jaringan tumbuhan, wabinar ini juga menjadi wadah bagi para mahasiswa Departemen Biologi untuk lebih semangat dan termotivasi dalam memperdalam kajian Kultur Jaringan Tumbuhan.

03 November 2022

Kamis, 4 November 2022, sebanyak 6 mahasiswa akan berangkat untuk mengikuti Sakura Science Invitation Program di Kanazawa University, Jepang. Kegiatan ini berlangsung selama 14 hari dari tanggal 7 - 20 November 2022 yang diikuti oleh 6 mahasiswa biologi diantaranya ; Adam Raihan Priambada, Ahmad Fakhri, Kayla Azidhia Syuja, M. Ryan Maulana, Rafia, dan Viola Mutiara Salis dengan Dr. Aadrean dari Biologi sebagai pendamping.

Tema kegiatan yang akan di laksanakan adalah "ECO-FRIENDLY PADDY FIELD & WILDLIFE". Cakupan kegiatan ini berfokus pada bidang ilmu ekologi di perdesaan yang memiliki teknologi pertanian ramah terhadap satwa liar. Adapun kegiatan tambahan yang yang di ikuti mahasiswa yaitu Pengalaman budaya, kunjungan hakusan insect museum dan museum lainnya, survey lahan pertanian, mengunjungi tambang emas dan perak aikawa, Studi banding konservasi di hakusan nature conservation center, mengunjungi noto aquarium, dan masih banyak kegiatan lain yang akan di lakukan.

27 Oktober 2022

Dua orang mahasiswa Biologi FMIPA Universitas Andalas Angga Kurnia Illahi dan Aulia Rahmi dibawah bimbingan Dr. Rita Maliza berhasil mendapatkan pendanaan kegiatan penelitian tugas akhir dari program Indofood Riset Nugraha (IRN). Berdasarkan keputusan Dewan Pakar IRN dua mahasiswa bergabung dengan 63 mahasiswa lainnya untuk mendapatkan kesempatan pendanaan penelitian.  Indofood Riset Nugraha merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility dari  PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) yang telah dilaksanakan semenjak  tahun 2006. Program kegiatannya berupa pemberian bantuan dana penelitian kepada para mahasiswa S-1 guna penyelesaian tugas akhir/skripsi. Melalui program ini Indofood mendorong dihasilkannya visi dan teknologi yang terbarukan di bidang pengolahan pangan melalui para peneliti muda di berbagai disiplin ilmu. https://www.indofoodrisetnugraha.com/tentang-irn

21 September 2022

Bantuan Mahasiswa Biologi Untuk Bersama

[Oleh:  Inaya Cita Aristy (Biologi Angkatan 2021) ]

 

Tepat pada Minggu, 11 September 2022, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam, Universitas Andalas angkatan 2021 mengadakan sebuah kegiatan sosial yang bertemakan “Menyebarkan Kebaikan dan Menanamkan Silaturrahmi”. Bentuk kegiatan dari BAMBUSA itu sendiri adalah mahasiswa melakukan penggalangan dana dan melakukan pengumpulan barang-barang bekas layak pakai untuk didonasikan kepada Panti Asuhan Ashabil Rayyan yang berlokasi di Jalan Makkah, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Mahasiswa juga memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan.