Admin Biologi

Admin Biologi

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
05 September 2017

Kamis, 30 Agustus 2017 Jurusan Biologi FMIPA UNAND meyelenggarakan kuliah tamu istimewa sebagai salah satu rangkaian kegiatan ulang tahun jurusan yang ke-55. Pada kesempatan ini, Prof. Fumio Hashimoto dari Kagoshima University diundang sebagai keynote speaker. Kegiatan ilmiah yang bertempat di Plaza FMIPA tersebut dihadiri oleh ratusan peserta baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa di lingkungan FMIPA UNAND.  

Foto: Prof. Fumio Hashimoto

 

Dalam presentasinya yang berdurasi lebih dari satu jam, Prof. Hashimoto memaparkan dua topik yang berbeda. Pertama tentang identifikasi senyawa aktif yang terdapat pada tumbuhan jahe liar berpotensi biopestisida asal Indonesia Elettariopsis slahmong (Proyek kerjasama dengan peneliti dari Jurusan Biologi FMIPA UNAND, Dr. Nasril Nasir). Menurut lulusan Gradute School of Pharmaceutical Sciences Kyushu University tersebut, diantara senyawa penting yang terkandung dalam jahe E.  slamong adalah 2-nonenal dan 2-nonenoic acid. Kedua substansi ini berpotensi besar untuk disintesis dalam skala industri dan dikembangkan sebagai biopestisida masa depan. Pada topik kedua, Prof. Hashimoto memaparkan tentang riset-riset unggulan yang telah dilakukannya di Department of Agricultural Sciences and Natural Resources, Faculty of Agriculture, Kagoshima University. Sebagai spesialist dibidang Floriculture and Chemistry of Natural Products, Prof. Hashimoto bersama timnya telah mengidentifikasi dan mensintesis ratusan senyawa bioaktif dari berbagai tumbuhan ornamental seperti Camelia (Tsubaki), Delphinium, dan Eustoma. Selain melakukan separasi dan isolasi senyawa aktif antosianin, ilmuwan kelahiran Fukuoka Prefecture ini juga meneliti filogeni tumbuhan Camelia berbasis chemosystematics (berdasarkan pada similaritas senyawa kimia yang terkandung di dalamnya).

 

(Foto: Prof. Fumio Hashimoto bersama staf dosen Jurusan Biologi)

(Foto: Prof. Fumio Hashimoto bersama mahasiswa peserta guest lecture)

 

Even istimewa yang diketuai oleh Prof. Erizal Mukhtar ini berlangsung sangat meriah dimana para peserta terutama dari kalangan mahasiswa begitu antusias mengajukan berbagai pertanyaan dan komentar. Pada akhir acara, para peserta melakukan sesi foto bersama dengan Prof. Hashimoto dan diskusi bebas. Kegiatan seperti ini telah menjadi rutinitas sejak lama di Jurusan Biologi FMIPA UNAND dalam rangka menciptakan atmosfir akademis yang bernuansa world class university. (Kontributor: P. Santoso)

05 September 2017

SENIN, 28 AGUSTUS 2017, Jurusan Biologi FMIPA UNAND kedatangan tiga orang peneliti primata dari Ehwa Women University. Kehadiran mereka di kampus Limau Manis dalam rangka memberikan kuliah tamu dengan topik “Javan Gibbon Research and Conservation Project: What Can We Learn From 10 Years of Research Activity.

(Foto: Suasana Kuliah Tamu di Jurusan Biologi)

 

Dalam kgiatan ceramah dan diskusi ilmiah yang dihadiri oleh staf dosen, mahasiswa dan alumni Jurusan Biologi ini dipaparkan progres riset satu dekade terakhir tentang kera endemik ‘Owa Jawa’ (Hylobates moloch) di Gunung Halimun Jawa Barat. Tim Korea bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) telah mengkaji berbagai aspek biologi kera Jawa terutama berkenaan dengan social behavior seperti home range, teritorial, dinamika kelompok (interaksi individu dalam dan antar kelompok), demografi, dan aspek-aspek lain terkait strategi kehidupan kera dalam hubungannya dengan sistem kawin mereka yang bersifat monogami.

(Foto: Hylobates moloch atau Owa Jawa)

Disamping menyampaikan hasil temuan mereka, para ahli primata dari negeri gingseng ini juga bermaksud untuk melakukan studi perbandingan terhadap  spesies kera Hylobates agilis yang terdapat di Sumatra termasuk juga di Hutan Penelitian dan Pendidikan Biologi (HPPB) UNAND. Sebagai gambaran, kera H. agilis memperlihatkan vokalisasi yang unik dimana pola vokalisasinya bersifat khas per individu dan vokalisasi anak dipelajari dari induk betinanya. Keunikan tersebut kian menambah ketertarikan para peneliti Korea Selatan. Dr. Rizaldi, pakar primata UNAND yang juga menjadi penanggung jawab utama kegiatan ini, menjelaskan bahwa kedepannya terbuka peluang besar untuk membina kerjasama penelitian antara tim Korea dengan Jurusan Biologi FMIPA UNAND. (Kontributor: PS)

 

30 Agustus 2017

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-30 Tahun 2017 yang diselenggarakan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar sejak tanggal 23 Agustus lalu resmi ditutup pada tanggal 26/8. Pada malam penutupan tersebut, telah diumumkan para pemenang lomba pada kategori presentasi dan poster, yang terbagi ke dalam 7 bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yaitu PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Penelitian bidang sosial humaniora (PKM-PSH), PKM Penelitian bidang eksakta (PKM-PE), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Kewirausahaan (PKM-K), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Masing-masing kategori, baik presentasi maupun poster, terbagi ke dalam 21 kelas penilaian pemenang.

Ucapan Selamat kepada TIM dari Jurusan Biologi FMIPA Unannd yang terdiri dari Clara Sinar Mauli Siboro, Annisa Darmis, Sonia Mardhatillah, dan Diki Lois Fernando dengan Dosen Pembimbing Dr. Jabang Nurdin dengan judul penelitian "PENGARUH PEMBANGUNAN PESISIR PANTAI TERHADAP KEPADATAN DAN DISTRIBUSI Telescopium telescopium DI EKOSISTEM MANGROVE PANTAI MAILEPPET, SIBERUT SELATAN, KEPULAUAN MENTAWAI" yang mendapatkan Medali perunggu untuk Katagori Poster PKM-PE6.

Selamat untuk para pemenang!



24 Agustus 2017

Pengurus Jurusan Periode 2017 s/d 2021

Ketua Jurusan

 

 

 

Dr. Mairawita

Nip. 196505041994032001

 

Sekretaris Jurusan

 

 

Suwirmen, MS

Nip. 196304191989011001

 

Kaprodi S1

 

 

Dr. rer. Nat. Indra Junaidi Zakaria

Nip. 196706082005011001

 

Kaprodi S2

 

 

Dr. Jabang Nurdin

Nip. 197007051999031002

 

Kaprodi S3

 

 

Prof. Dr. Dahelmi, MS

Nip. 195909221986031001

 

Pembina Kemahasiswaan

 

 

Ahmad Taufiq, M.Si

Nip. 198610272015041002