Visi, Misi dan Tujuan Jurusan Biologi

VISI, MISI TUJUAN DAN SASARAN PROGRAM STUDI BIOLOGI

Visi

 “Menjadi Program Studi yang unggul dalam mengkaji dan mengembangkan biodiversitas dan konservasi sumberdaya hayati tropika serta menghasilkan lulusan yang berdayasaing di tingkat ASEAN pada tahun 2028”

Misi

  1. Melaksanakan proses pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing pada tingkat ASEAN.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang biodiversitas dan konservasi sumberdaya hayati untuk yang berorientasi publikasi internasional dan perolehan HaKI.
  3. Melaksanakan layanan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian biodiversitas dan konseravasi sumberdaya hayati untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Memanfaatkan  kerjasama  untuk mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi.

Tujuan

Berdasarkan visi dan misi tersebut maka ditetapkan tujuan strategis (strategic goals) Prodi Biologi dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu bersaing pada tingkat ASEAN.
  2. Meningkatkan produktivitas penelitian dalam bidang biodiversitas dan konservasi sumberdaya hayati untuk menghasilkan publikasi internasional dan perolehan HaKI.
  3. Meningkatkan implementasi hasil penelitian dalam bidang biodiversitas dan konseravasi sumberdaya hayati untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Meningkatkan pemanfaatan  kerjasama  untuk mendukung pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Sasaran

Sasaran Prodi  Biologi  disusun berdasarkan Rencana Strategis Jangka Menengah Prodi Biologi  2016-2019 (Revisi), yang merupakan rangkaian kedua dari rencana jangka panjang Prodi Biologi  dari tahun 2009 sampai 2028 (Gambar 1.1). Tonggak-tonggak pencapaian (milestones) jangka panjang Prodi Biologi  adalah sebagai Berikut:

  • Tahap pertama adalah periode 2009-2013. Periode ini merupakan tahap capaian pembenahan prodi danpengembangan sumberdaya manusia serta pemenuhan standar nasional pendidikan tinggi,
  • Tahap kedua adalah periode 2014-2018. Pada periode ini dilakukanuntuk capaian berdayasaingpada tingkat nasional, Pada periode ini program studi diharuskan mencapai reputasi nasional.
  • Tahap ketiga adalah periode 2019-2023. Pada periode ini, merupakan persiapan menuju reputasi regional (ASEAN),berupa pemenuhan standar-standar mutu regional.
  • Tahap keempat/terakhir adalah periode 2024-2028. Pada periode ini, Prodi Biologi harus mencapai reputasi regional/ASEAN dengan menyiapkan standar mutu regional sehingga mendapat pengakuan pada tingkat Regional/ASEAN.
     

 

Read 440 times Last modified on Rabu, 02 Agustus 2017 10:52