SPECIAL GUEST LECTURE : Profesor Fumio Hashimoto (Ahli Fitokimia dan Deputi Dekan dari Kagoshima University, Jepang)

Kamis, 30 Agustus 2017 Jurusan Biologi FMIPA UNAND meyelenggarakan kuliah tamu istimewa sebagai salah satu rangkaian kegiatan ulang tahun jurusan yang ke-55. Pada kesempatan ini, Prof. Fumio Hashimoto dari Kagoshima University diundang sebagai keynote speaker. Kegiatan ilmiah yang bertempat di Plaza FMIPA tersebut dihadiri oleh ratusan peserta baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa di lingkungan FMIPA UNAND.  

Foto: Prof. Fumio Hashimoto

 

Dalam presentasinya yang berdurasi lebih dari satu jam, Prof. Hashimoto memaparkan dua topik yang berbeda. Pertama tentang identifikasi senyawa aktif yang terdapat pada tumbuhan jahe liar berpotensi biopestisida asal Indonesia Elettariopsis slahmong (Proyek kerjasama dengan peneliti dari Jurusan Biologi FMIPA UNAND, Dr. Nasril Nasir). Menurut lulusan Gradute School of Pharmaceutical Sciences Kyushu University tersebut, diantara senyawa penting yang terkandung dalam jahe E.  slamong adalah 2-nonenal dan 2-nonenoic acid. Kedua substansi ini berpotensi besar untuk disintesis dalam skala industri dan dikembangkan sebagai biopestisida masa depan. Pada topik kedua, Prof. Hashimoto memaparkan tentang riset-riset unggulan yang telah dilakukannya di Department of Agricultural Sciences and Natural Resources, Faculty of Agriculture, Kagoshima University. Sebagai spesialist dibidang Floriculture and Chemistry of Natural Products, Prof. Hashimoto bersama timnya telah mengidentifikasi dan mensintesis ratusan senyawa bioaktif dari berbagai tumbuhan ornamental seperti Camelia (Tsubaki), Delphinium, dan Eustoma. Selain melakukan separasi dan isolasi senyawa aktif antosianin, ilmuwan kelahiran Fukuoka Prefecture ini juga meneliti filogeni tumbuhan Camelia berbasis chemosystematics (berdasarkan pada similaritas senyawa kimia yang terkandung di dalamnya).

 

(Foto: Prof. Fumio Hashimoto bersama staf dosen Jurusan Biologi)

(Foto: Prof. Fumio Hashimoto bersama mahasiswa peserta guest lecture)

 

Even istimewa yang diketuai oleh Prof. Erizal Mukhtar ini berlangsung sangat meriah dimana para peserta terutama dari kalangan mahasiswa begitu antusias mengajukan berbagai pertanyaan dan komentar. Pada akhir acara, para peserta melakukan sesi foto bersama dengan Prof. Hashimoto dan diskusi bebas. Kegiatan seperti ini telah menjadi rutinitas sejak lama di Jurusan Biologi FMIPA UNAND dalam rangka menciptakan atmosfir akademis yang bernuansa world class university. (Kontributor: P. Santoso)

Read 84 times