GUEST LECTURE: Javan Gibbon Research and Conservation Project: What Can We Learn From 10 Years of Research Activity

SENIN, 28 AGUSTUS 2017, Jurusan Biologi FMIPA UNAND kedatangan tiga orang peneliti primata dari Ehwa Women University. Kehadiran mereka di kampus Limau Manis dalam rangka memberikan kuliah tamu dengan topik “Javan Gibbon Research and Conservation Project: What Can We Learn From 10 Years of Research Activity.

(Foto: Suasana Kuliah Tamu di Jurusan Biologi)

 

Dalam kgiatan ceramah dan diskusi ilmiah yang dihadiri oleh staf dosen, mahasiswa dan alumni Jurusan Biologi ini dipaparkan progres riset satu dekade terakhir tentang kera endemik ‘Owa Jawa’ (Hylobates moloch) di Gunung Halimun Jawa Barat. Tim Korea bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) telah mengkaji berbagai aspek biologi kera Jawa terutama berkenaan dengan social behavior seperti home range, teritorial, dinamika kelompok (interaksi individu dalam dan antar kelompok), demografi, dan aspek-aspek lain terkait strategi kehidupan kera dalam hubungannya dengan sistem kawin mereka yang bersifat monogami.

(Foto: Hylobates moloch atau Owa Jawa)

Disamping menyampaikan hasil temuan mereka, para ahli primata dari negeri gingseng ini juga bermaksud untuk melakukan studi perbandingan terhadap  spesies kera Hylobates agilis yang terdapat di Sumatra termasuk juga di Hutan Penelitian dan Pendidikan Biologi (HPPB) UNAND. Sebagai gambaran, kera H. agilis memperlihatkan vokalisasi yang unik dimana pola vokalisasinya bersifat khas per individu dan vokalisasi anak dipelajari dari induk betinanya. Keunikan tersebut kian menambah ketertarikan para peneliti Korea Selatan. Dr. Rizaldi, pakar primata UNAND yang juga menjadi penanggung jawab utama kegiatan ini, menjelaskan bahwa kedepannya terbuka peluang besar untuk membina kerjasama penelitian antara tim Korea dengan Jurusan Biologi FMIPA UNAND. (Kontributor: PS)

 

Read 123 times Last modified on Selasa, 05 September 2017 11:23