Print this page

Profil & Kurikulum Program Studi Magister Biologi

                                                                                                                                            I.      PENDAHULUAN

 

Jurusan Biologi mulai membuka Proram Studi Biologi Strata Dua (disingkat PSB S2) pada tahun 1997 dengan pemusatan Ekologi setelah keluarnya SK Dirjen Dikti Nomor 77/DIKTI/Kep/1997, tanggal 22 April 1997. Sesuai dengan perkembangan, terutama setelah bertambahnya kemampuan para dosen yang mendapatkan pendidikan lanjutan dari berbagai negara di Eropa, Amerika, Jepang dan Australia,  maka pengembangan kurikulum pada PSB S2 menjadi bertambah bidangnya menjadi bidang Ekologi, Biodiversitas dan Bioproses.

            Pada tahun 2014, PSB S2 memperoleh akreditasi B dengan keluarnya Keputusan Badan Akreditas Nasional Perguruan TInggi No: 438/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2014. Sejalan dengan perkembangan rencana Strategis Kemdikbud tahun 2009 - 2014 serta Program Jangka Panjang Bidang Pendidikan Tinggi dan dikeluarkannya Undang - Undang Pendidikan Tinggi No. 12 Tahun 2012, sudah seharusnya kurikulum berbasis kompetensi dijadikan sebagai acuan pokok bagi setiap program studi dalam merencanakan, mengendalikan, dan mengembangkan program studinya masing masing. Oleh karenanya, kurikulum harus memuat informasi tentang rencana dan pengaturan mengenai kajian dan isi atau bahan pelajaran serta cara penyampaian dan cara penilaian yang dilakukan untuk menjamin tercapainya learning outcomes yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

            Program Studi yang telah menghasilkan lulusan (alumni) sangat dianjurkan untuk meninjau/ mengevaluasi/revisi kurikulum sesuai dengan perkembangan ilmu daan kebutuhan pasar. Pada tahun 2016, PSB S2 telah berusaha mengevaluasi dan revisi kurikulum yang mengacu pada PERMENRISTEKDIKTI-NOMOR-44-TAHUN-2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

 

 

 

 

 

                                                                                                II.      DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM

 

2.1   Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi;
  2. Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional;
  3. Peraturan Rektor Universitas Andalas No. 218 Tahun 2013 tentang Kebijakan Mutu Internal Universitas Andalas;
  4. Peraturan Rektor Universitas Andalas No. 231 Tahun 2013 tentang Standar Mutu Internal Universitas Andalas;
  5. PERMENRISTEKDIKTI-NOMOR-44-TAHUN-2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Disamping itu, pengembangan kurikulum juga merujuk kepada Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) tahun 2015 terutama dalam penetapan Capaian Pembelajaran.

 

2.2   Level KKNI

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yaitu adalah kerangka penjenjangan kualifiasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintergrasian antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. KKNI disusun dengan tujuan menjamin akuntabilitas penyelenggara pendidikan dalam kesetaraan kualifikasi/kompetensi lulusannya sesuai dengan jenjang pendidikannya. Tujuan lainnya adalah untuk menjamin ketercapaian mutu pendidikan di Indonesia berada dalam taraf yang sama dengan mutu pendidikan di negara-negara lain.

KKNI terdiri dari sembilan jenjang kualifikasi. Untuk Program Magister, kualifikasi setara dengan level 8. Deskripsi kualifikasi level 8 KKNI yaitu:

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  1. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional

 

 

 

2.3   Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT)

Standar Nasional Pendidikan terdiri atas:

  • standar kompetensi lulusan;
  • standar isi pembelajaran;
  • standar proses pembelajaran;
  • standar penilaian pembelajaran;
  • standar dosen dan tenaga kependidikan;
  • standar sarana dan prasarana pembelajaran;
  • standar pengelolaan pembelajaran; dan
  • standar pembiayaan pembelajaran.

 

Standar Nasional Pendidikan Tinggi menjadi acuan dalam menyusun, menyelenggara-kan, dan mengevaluasi kurikulum.

 

2.4   Kebijakan dan Standar Pengembangan Kurikulum

Dengan diterbitkannya Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) sebagai Peraturan Presiden no. 8 tahun 2012, maka mendorong semua perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri dengan ketentuan di dalamnya. KKNI merupakan pernyataan kualitas SDM Indonesia, dimana tolok ukur kualifikasinya ditetapkan berdasarkan capaian pembelajaran (learning outcomes) yang dimilikinya. Jenjang kualifikasi merupakan kesepakatan nasional, khususnya untuk pendidikan tinggi, yaitu lulusan setiap program studi paling rendah harus setara dengan deskripsi capaian pembelajaran tertentu menurut jenjangnya, misal, Magister setara jenjang 8 KKNI.

Kurikulum pendidikan tinggi merupakan program untuk menghasilkan lulusan, sehingga program tersebut seharusnya menjamin agar lulusannya memiliki kualitas yang setara dengan kualifikasi yang disepakati dalam KKNI. Konsep yang dikembangkan DIKTI (Ditjen Belmawa) selama ini dalam menyusun kurikulum dimulai dengan menetapkan profil lulusan yang kemudian dirumuskan kemampuan/kompetensinya.

Dalam KKNI “kemampuan” dirumuskan ke dalam istilah “capaian pembelajaran” (learning outcomes), dimana kompetensi tercakup di dalamnya atau merupakan bagian dari capaian pembelajaran. Penggunaan istilah kompetensi yang digunakan DIKTI selama ini sebenarnya setara dengan capaian pembelajaran yang digunakan dalam KKNI, hanya karena didunia kerja penggunaan istilah kompetensi diartikan sebagai kemampuan yang sifatnya lebih terbatas, terutama yang terkait dengan uji kompetensi dan sertifikat kompetensi, maka selanjutnya dalam kurikulum pernyataan “kemampuan lulusan” digunakan istilah capaian pembelajaran. Disamping hal tersebut, didalam kerangka kualifikasi di dunia internasional, untuk mendeskripsikan kemampuan setiap jenjang kualifikasi digunakan istilah “learning outcomes”.

Deskripsi capaian pembelajaran dalam KKNI, mengandung empat unsur, yaitu unsur sikap dan tatanilai, unsur kemampuan kerja, unsur penguasaan keilmuan, dan unsur kewenangan dan tanggung jawab. Dengan telah terbitnya SN Dikti rumusan capaian pembelajaran tercakup dalam salah satu standar yaitu Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Dalam SN Dikti capaian pembelajaran terdiri dari unsur sikap, ketrampilan umum, ketrampilan khusus, dan pengetahuan. Unsur sikap dan ketrampilan umum telah dirumuskan secara rinci dan tercantum dalam lampiran SN, sedangkan unsur ketrampilan khusus dan pengetahuan harus dirumuskan oleh forum program studi sejenis yang merupakan ciri lulusan prodi tersebut. Rumusan capaian pembelajaran lulusan setiap jenis program studi disahkan oleh Dirjen DIKTI setelah melalui kajian tim pakar yang ditunjuk. Berdasarkan rumusan ‘capaian pembelajaran’ tersebut kurikulum suatu program studi dapat disusun.

 

2.5   Pasar Kerja Lulusan

Dari hasil jejak alumni (alumni tracer), masukan dari pihak pengguna dan pakar, pasar kerja lulusan PSB S2 meliputi:

  1. Pendidik (dosen) di berbagai universitas/perguruan tinggi baik negeri maupun swasta
  2. Peneliti terutama di lembaga riset
  3. Pengelola / manejer di bidang konservasi Sumber Daya Hayati

 

2.6   Visi, Misi dan Tujuan Prodi

Penyusunan visi dan misi PSB S2 diawali dengan melakukan evaluasi diri melalui analisis internal tentang kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), analisis situasi eksternal untuk mengetahui peluang (oportunity) dan ancaman (threats) institusi yang kemudian digunakan sebagai dasar dalam menetapkan isu strategis utama. Analisis visi dan misi dilakukan pada tahun 2009 untuk rentang waktu 20 tahun kedepan, dengan periode I (2009-2013),  II (2014-2018),  III (2019-2023) dan IV (2024-2028). Target pencapaian visi ini sesuai dengan target pencapaian visi dan misi Fakultas MIPA pada tahun 2028 yaitu "menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam mengkaji dan mengembangkan sumber daya alam tropis pada tingkat Asean" dan Universitas Andalas pada tahun 2028 yakni "menjadi universitas yang terkemuka dan bermartabat".

 

VISI

Visi Program Studi Biolog S2 yaituMenjadi Program Magister Biologi yang bereputasi internasional dalam mengkaji, mengembangkan dan menyelamatkan biodiversitas daerah Sumatera pada tahun 2028”. Penetapan visi ini sesuai dengan kekuatan sumber daya dosen yang unggul dalam bidang kajian biodiversitas, ekologi dan bioproses. Aspek yang tercakup dalam visi tersebut sangat mungkin dicapai dengan adanya daya dukung objek kajian seperti keberadaan sumber daya alam yang relatif belum terganggu baik di kawasan hutan pegunungan (gunung Merapi, gunung Singgalang, gunung Tandikat, gunung Talang, gunung Talamau, gunung Kerinci, Bukit Barisan), perairan tawar (danau Singkarak, danau Maninjau, danau Diatas, Dibawah, danau Talang, danau Kerinci, danau   Gunung Tujuh, dan sungai-sungai), dan payau serta laut (hutan mangrove dan terumbu karang pesisir Barat Sumatera dan Kepulauan Mentawai).

 

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, Program Studi Biolog S2 menetapkan tiga misi yang akan dilaksanakan secara sinergis sebagai berikut:

  1. Melaksanakan proses pendidikan berkualitas dalam bidang Biodiversitas dan Biokonservasi pada tingkat nasional dan internasional.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang biodiversitas Sumatera yang berorientasi publikasi pada jurnal internasional yang bereputasi dan perolehan HaKI/Paten.
  3. Melaksanakan layanan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan keselamatan lingkungan.
  4. Memanfaatkan kerjasama dalam dan luar negeri untuk mendukung kegiatan tridharma perguruan tinggi.

 

Tujuan Program Studi

Tujuan PSB S2 disusun selaras dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam mengkaji, mengembangkan, dan menyelamatan bidang biodiversitas Sumatera yang mendapat pengakuan pada tingkat Nasional dan Internasional.
  2. Menghasilkan publikasi pada jurnal internasional yang bereputasi dan perolehan HaKI/Paten dalam bidang Biodiversitas Sumatera.
  3. Meningkatkan implementasi hasil penelitian dalam bidang biodiversitas dan konservasi untuk kesejahteraan masyarakat dan keselamatan lingkungan.
  4. Meningkatkan luaran kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

 

                                                                                                                      III.      DOKUMEN KURIKULUM

 

3.1   Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan yang berdaya saing dalam mengkaji, menyelamatkan dan pengembangan sumber daya hayati tropika.

 

3.2  Profil Lulusan

Profil lulusan Prodi S2 Biologi dirumuskan dengan mengacu pada profil lulusan yang ditetapkan oleh KOBI dan dikembangkan berdasarkan sebaran pekerjaan lulussan (hasil tracer study) dan peluang pekerjaan lulusan sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan yang dirancang dalam kurikulum. Rumusan profil lulusan Prodi S2 Biologi FMIPA UNAND adalah sebagai berikut:

  1. Peneliti;
  2. Dosen;
  3. Konsultan Lingkungan; dan
  4. Tenaga ahli.

 

3.3   Capaian Pembelajaran

Berdasarkan profil lulusan dirumuskan capaian pembelajaran lulusan Prodi S2 Biologi yang masing-masing unsurnya melebihi SN-Dikti dan KOBI karena; 1) memperhatikan nilai-nilai inti atau fillosofi pendidikan UNAND, 2) menterjemahkan visi, misi dan tujuan Prodi Biologi kedalam kurikulum; dan memperhatikan masukan pihak berkepentingan internal (dosen dan mahasiswa) dan pihak berkepentingan ieksternal (alumni dan pengguna lulusan). Rumusan capaian pembelajaran lulusan Prodi S2 Biologi terdiri atas unsur: 1) sikap dan tatanilai; 2) penguasaan pengetahun; 3) keterampilan khusus; dan 4) keterampilan umum/soft skills, sebagai berikut:

  1. Sikap dan tata nilai (ST):
  2. ST1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  3. ST2: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  4. ST3; Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  5. ST4: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;
  6. ST5: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  7. ST6; Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. ST7: Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. ST8: Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. ST9; Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. ST10: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; dan
  12. ST11: Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

 

  1. Penguasaaan Pengetahuan (PP):
  2. PP1: Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organismal, ekologi, evolusi, dan biosfer;
  1. PP2: Menguasai konsep teknologi, state of the art instrumentation;
  2. PP3: Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada teknologi menggunakan state of the art instrumentation “analisis dan sintesis” sumberdaya hayati;
  3. PP4: Menguasai konsep-konsep biodiversitas dan bioekologi sebagai dasar konservasi ekosistem, spesies dan genetik; dan
  4. PP5: Menguasai konsep-konsep bioproses pada mikroba, tumbuhan dan hewan sebagai dasar pengembangan sumberdaya hayati secara berkelanjutan.

 

  1. Keterampilan khusus (KK):
  2. KK1: Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model/metode/ pengembangan teori yang akurat, teruji, inovatif;
  3. KK2: Mampu memecahkan masalah iptek terkait dengan permasalahan sumber daya hayati atau lingkungan hayati, melalui pendekatan eksperimental dan/atau deduksi teoritis secara inter- atau multidisiplin, dicirikan dengan dihasilkannya karya yang berpotensi untuk diaplikasikan dalam memecahkan masalah iptek tersebut;
  4. KK3: Mengembangkan kemanfaatan keilmuan biologi untuk diaplikasikan pada lingkup yang lebih luas; dan
  5. KK4: Mampu mengkaji dan menyelamatkan serta mengembangkan sumberdaya hayati secara berkelanjutan.

 

  1. Keterampilan umum dan soft skills (KS):
  2. KS1: Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  3. KS2: Mampu berkomunikasi secara lisan untuk menyampaikan gagasan dalam proses pembelajaran;
  4. KS3: Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, inovatif atau kreatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya;
  5. KS4: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data;
  6. KS5: Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kerja dalam kelompok baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. KS6: Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan dan desain;
  8. KS7: Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk tesis atau laporan tugas akhir dan artikel ilmiah; dan
  9. KS8: mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang

 

Kaitan antara kemampuan lulusan dengan profil lulusan pada Program Master Biologi FMIPA UNAND dicantumkan pada Tabel 3.1.

 

Tabel 3.1: Kaitan antara Profil Lulusan dan Kemampuan lulusan

No

Profil Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan

1

Peneliti

ST1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu   

          menunjukkan sikap religius;

ST2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi   dalam   peningkatan   mutu    kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta  tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai  keanekaragaman budaya, pandangan,  agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6.  Bekerjasama dan memiliki  kepekaan  sosial  serta  kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan  bermasyarakat dan bernegara;

ST8. Menunjukkan  sikap  bertanggungjawab  atas  pekerjaan   di  bidang  keahliannya  secara  mandiri;

ST9. Menginternalisasi  semangat  kemandirian,  kejuangan,  dan  kewirausahaan; dan

ST10.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

ST11.Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

PP1. Menguasai teori  biologi,  mencakup  tingkat  kajian  sel  dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2.  Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada   state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1.  Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2.  Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter atau multidisipliner;

KK3.  Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem,  diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan

KK5. Mengembangkan   potensi   biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri.

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konseProdii ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6.  Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan

kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas

penelitian yang lebih luas;

KS8.  Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan,

dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka

menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9.  Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui

publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

2

Dosen

ST1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu

menunjukkan sikap religius;

ST2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas

berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan

bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah

air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5.  Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama,

dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6.  Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian

terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7.  Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan

bernegara;

ST8.  Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang

keahliannya secara mandiri;

ST9.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan

kewirausahaan; dan

ST10.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

ST11.Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan

berkarya.

PP1.  Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2.  Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai   prinsip   dan   konsep   bioproses   dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri.

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konseProdii ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS1. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan

menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

3

Konsultan Lingkungan

 

ST1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu

menunjukkan sikap religius;

ST2.  Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas

berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3.  Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan

bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan

peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4.  Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah

air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada

Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan

kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6.  Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian

terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan  bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang

keahliannya secara mandiri; dan

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan

kewirausahaan;.

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai   prinsip   dan   konsep   bioproses   dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu  melakukan  pendalaman  atau  perluasan  keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan;

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri.

KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konseProdii ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

4

Tenaga Ahli

ST1.  Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu

menunjukkan sikap religius;

ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas

berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan

bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan

peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah

air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada

Negara dan bangsa;

ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan

kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian

terhadap masyarakat dan lingkungan;

ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan

bernegara;

ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang

keahliannya secara mandiri;

ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan

kewirausahaan; dan

ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.

ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan

berkarya.

PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;

PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter atau multidisipliner;

KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.

KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi.; dan

KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri.

KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan

KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

 

3.4   Bahan Kajian

Berdasarkan Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) di atas, disusunlah Bahan Kajian Program Magister Biologi FMIPA UNAND yang bersifat fundamental sebagai Inti Keilmuan, IPTEK Pendukung sebagai penjabaran dari visi dan misi, IPTEK yang dikembangkan.

 

  • Inti Keilmuan, yang mendalami:
    1. Biologi Sel dan Molekuler; mencakup organel sel, genome dan marker genetik
    2. Biosistematika; mencakup karakterisasi, identifikasi, klasifikasi dan hubungan kekerabatan, mikroevolusi, serta implementasi biodiversitas
    3. Bioekologi; mencakup populasi, komunitas, konservasi dan restorasi
    4. Struktur, Fungsi dan Perkembangan; mencakup sinyal sel, tingkah laku sel, metabolisme.

 

  • IPTEK Pendukung, yang mendalami:
    1. Biodiversitas: mencakup keragaman ekosistem, spesies dan genetik serta potensinya
    2. Konservasi: mencakup ekosistem, spesies dan genetik.

 

 

  • IPTEK yang dikembangkan, yang mendalami matakuliah pilihan dari masing-masing  bidang keahlian.

 

Selanjutnya dari capaian pembelajaran dan bahan kajian di atas maka dihasilkan mata kuliah, sebagaimana pada Tabel 3.2.

 

Tabel 3.2: Matriks Kaitan capaian pembelajaran dengan bahan kajian

Capaian Pembelajaran

Kelompok Bahan Kajian

Inti Keilmuan Biologi

Ciri Khusus

Muatan Aktivitas ilmiah

IPTEK yang Dikembangkan

Biologi Sel dan Molekuler

Biologi Organisme dan Ekologi

Biodiversitas

Biokonservasi

Bioproses

Analisis dan Sintesis SDH

Pendalaman atau Perluasan Keilmuan Biologi

Penyelamatan dan pengembangan Potensi Biodiversiitas

Sikap dan tata nilai (ST)

 

 

 

 

 

 

 

 

ST1

Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

MK Wajib

Tugas Akhir

Tugas Akhir

MK Pilihan

ST2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

ST3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

ST4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;

ST5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

ST6

Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

 

 

 

 

 

 

 

 

ST7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

MK Wajib

 

MK Pilihan

ST8

Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

 

 

 

 

 

 

 

 

ST9

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

 

 

 

 

 

 

 

ST10

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; dan

MK Wajib

 

MK Pilihan

ST11

Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.

Penguasaan Pengetahuan (PP)

 

 

 

 

 

 

 

 

PP1

Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;

Biologi Sel dan Molekuler

Bioekologi

 

 

 

 

 

Biosistematika; Biologi Evolusi

PP2

Mampu menentukan metode penelitian yang tepat.

 

 

 

 

 

Metodologi Penelitian

 

 

PP3

Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada  state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.

 

 

 

 

 

Biostatistik

 

 

PP4

Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.

 

 

Biodiversitas

Manajemen Konservasi SDH

 

 

 

Ekologi Populasi; Pemantauan dan Pengelolan Habitat;  MK Pilihan

PP5

Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.

 

 

 

 

Bioproses

 

 

Biologi Perkembangan; Bioteknologi; MK Pilihan

Ketrampilan khusus (KK)

 

 

 

 

 

 

 

 

KK1

Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;

 

 

 

 

 

 

Seminar Proposal;  Seminar Hasil Penelitian; Tesis

 

KK2

Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;

 

 

 

 

 

 

 

KK3

Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.

 

 

 

 

 

 

 

KK4

Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi.

 

 

 

 

 

 

 

KK5

Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri.

 

 

 

 

 

 

 

Ketrampilan umum dan soft skills (KS)

 

 

 

 

 

 

 

 

KS1

Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

 

 

 

 

 

Penulisan Artikel Ilmiah;

Tugas Akhir

 

KS2

Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

 

 

 

 

 

Seminar Hasil Penelitian

 

KS3

Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

 

 

 

 

 

Metode Penelitian; Seminar  Hasil Penelitian

 

KS4

Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

 

 

 

 

 

Seminar Proposal

 

KS5

Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

 

 

 

 

 

Metodologi Penelitian

 

KS6

Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

 

 

 

 

 

 

MK Pilihan

KS7

Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;

MK Wajik

 

 

KS8

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

 

 

 

 

Seminar Hasil Penelitian

 

 

KS9

Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.

 

 

 

 

 

 

Penulisan Artikel Ilmiah

 

                         

 

3.5   Penetapan Mata Kuliah

Matriks pada Tabel 3.2 digunakan untuk menetapkan mata kuliah pada Kurikulum Program Magister Biologi FMIPA UNAND (Tabel 3.3). Pengelompokan mata kuliah terdiri terdiri dari mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan dengan beban total 36 sks. Bobot mata kuliah wajib sebanyak 28 sks dan matakuliah pilihan sebanyak 8 sks. Mata kuliah wajib terdiri atas: Inti Keilmuan (6 sks); IPTEK Pendukung (4 sks); IPTEK Pelengkap (4 sks) dan IPTEK yang dikembangkan (14 sks).

 

Tabel 3.3: Pengelompokan mata kuliah wajib dan pilihan

No

Mata Kuliah

Wajib/ Pilihan

Bobot sks

Inti keilmuan (6 sks)

 1

Biologi Sel dan  Molekuler

W

2

 2

Biosistematika

W

2

 3

Bioproses

W

2

4

Bioekologi

W

2

IPTEK pendukung (4 sks)

1

Biodiversitas

W

2

2

Konservasi Sumber Daya Hayati

W

2

IPTEK pelengkap (8 sks)

1

Metodologi Penelitian

W

2

2

Biostatistika

W

2

IPTEK yang dikembangkan (20 sks)

1

MK Bidang 1

W

2

2

MK Bidang 2

W

2

3

MK Pilihan 1

P

2

4

MK Pilihan 2

P

2

5

MK Pilihan 3

P

2

 6

MK Pilihan 4

P

2

7

Seminar Proposal Penelitian

W

1

8

Seminar Hasil Penelitian

W

1

9

Publikasi

W

2

10

Tesis

W

6

 

TOTAL

 

36

             

 

Beban belajar mahasiswa dinyatakan dalam besaran satuan kredit semester (sks). Penetapan jumlah sks dalam setiap mata kuliah didasarkan pada capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa Program Magister Biologi.  Pengertian sks itu sendiri adalah waktu yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk mencapai kompetensi tertentu, dengan melalui suatu bentuk pembelajaran dan bahan kajian tertentu.  Bobot 1 sks pada proses pembelajaran berupa kuliah, terdiri atas: (i) 50 menit tatap muka per minggu per semester; (ii) 60 menit kegiatan terstruktur per minggu per semester; dan (iii) 60 kegiatan mandiri per minggu per semester. Bobot 1 sks pada proses pembelajaran berupa praktikum, praktik lapangan dan penelitian setara dengan 170 menit per minggu per semester. Bobot 1 sks pada proses pembelajaran berupa seminar, terdiri atas: (i) kegiatan tatap muka 100 (seratus) menit per minggu per semester; dan (ii) kegiatan mandiri 70 (tujuh puluh) menit per minggu per semester. Semester merupakan satuan waktu proses pembelajaran efektif selama paling sedikit 16 (enam belas) minggu, termasuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester.

Mahasiswa pada Program Magister Biologi FMIPA UNAND dapat memperoleh gelar Maguster Sains setelah lulus minimal 36 SKS, yang meliputi 28 sks (77,78%) mata kuliah wajib dan minimal 8 sks (22,22%) mata kuliah pilihan.

Setelah mendapatkan berbagai kajian ilmu maka ditetapkan keluasan dan kedalaman dari materi yang akan disampaikan. Dalam proses penetapan kedalaman materi ini mengacu pada SNPT agar di dalam melaksanakan kurikulum Pendidikan Tinggi hasil lulusan Magister Biologi FMIPA UNAND dapat distandarkan. Tabel 3.4 menunjukkan penguasaan keluasan dan kedalaman pengetahuan dalam bidang Biologi.

 

3.6   Struktur Kurikulum

Setelah penetapan mata kuliah berdasarkan bahan kajian maka selanjutnya disusun struktur kurikulum melalui pendekatan struktur kurikulum model serial. Pendekatan model serial adalah pendekatan yang menyusun mata kuliah berdasarkan logika atau struktur keilmuan biologi. Pada pendekatan serial ini, mata kuliah disusun dari yang paling dasar sampai di semester akhir yang merupakan mata kuliah lanjutan. Setiap mata kuliah saling berhubungan yang ditunjukkan dengan adanya mata kuliah prasyarat, seperti dalam peta kurikulum pada Gambar 3.1.

 

Tabel 3.4: Keluasan dan kedalaman penguasaan pengetahuan Program Magister Biologi FMIPA UNAND sesuai dengan capaian pembelajaran

Rumusan Capaian Pembelajaran

Tingkat Keluasan Materi Pembelajaran

Tingkat Kedalaman Materi Pembelajaran

1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organismal, ekologi, evolusi, dan biosfer.

 Biologi Sel dan Molekuler:

Sistem membran dan organel; dogma sentral

 

Biosistematika:

Identifikasi, klasifikasi, tata nama, kekerabatan

 

Bioproses:

Transduksi sinyal dan respon sel

 

Bioekologi:

Populasi dan autekologi

 Biologi Sel dan Molekuler:

Materi genetik; Penanda genetik, bioinformatika

 

Biosistematika:

mikroevolusi dan Status taksonomi

 

Bioproses:

Jalur tranduksi sinyal, anabolisme, metabolism primer dan sekunder

Bioekologi:

Pertumbuhan populasi, struktur populasi,  dan faktor pembatas

2.Menguasai konsep teknologi, state of the art instrumentation.

 Metodologi Penelitian:

Perumusan masalah, tujuan dan hipotesis yang sinkron, teknik sampling dan analisis data

 Metodologi Penelitian:

Analisis data uni dan multi varian yang dalam untuk  penelitian masing-masing inti keilmuan

3.Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada teknologi menggunakan state of the art instrumentation “analisis dan sintesis” sumberdaya hayati.

Biostatistika:

Rancangan percobaan, analisis data, aplikasi software statistik

 Biostatistika:

Uji statistik dan interpretasi data,

4.Menguasai konsep-konsep biodiversitas dan bioekologi sebagai dasar konservasi ekosistem, spesies dan genetik.

 Biodiversitas:

Identifikasi jenis dan morfometrik

 

Konservasi SDH:

Kosenrvasi tumbuhan dan hewan

 

Biologi Evolusi:

Variasi, spesiasi

 

Ekologi Populasi:

Karakteristik populasi, pertumbuhan, regulasi

 

Pemantauan dan Pengelolaan Habitat:

Habit hutan, danau, sungai, estuari dan terumbu karang

 Biodiversitas:

Konsep spesies, variasi genetik

 

Konservasi SDH:

Konservasi ekosistem, konservasi spesies dan konservasi genetik.

 

 

Biologi Evolusi:

Organ, molekuler

 

 

Ekologi Populasi:

Dinamika populasi, penyu-sunan table kehidupan

Pemantauan dan Pengelolaan Habitat:

Managemen konservasi hutan, danau, sungai, estuari dan terumbu karang

5.Menguasai konsep-konsep bioproses pada mikroba, tumbuhan dan hewan sebagai dasar pengembangan sumberdaya hayati secara berkelanjutan.

 Bioteknologi:

Biokonversi sumberdaya hayati

 

 Biologi Perkembangan:

Gametogenesis, morfogenesis, organogenesis

 Bioteknologi:

Kultur jaringan, bioremediasi, rekayasa genetika

 

Biologi Perkembangan:

Tingkat Morfologi, jaringan, sel, molekuler

 


Gambar 3.1. Peta Kurikulum Program Magister Biologi FMIPA UNAND Berbasis Keilmuan

 

Berdasarkan peta kurikulum pada Gambar 1 maka melalui pendekatan struktur kurikulum model serial maka disusun sebaran matakuliah per semester seperti pada Tabel Tabel 3.5.

Tabel 3.5: Sebaran mata kuliah per semester

Semeter

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Bobot SKS

I

BIO 5111

Biologi Sel dan Molekuler

2

BIO 5112

Biodiversitas

2

BIO 5113

Bioekologi

2

BIO 5114

Bioproses

2

BIO 5115

Manajemen Konservasi Sumber Daya Hayati

2

BIO 5118

Metodologi Penelitian

2

Jumlah

12

      II

 

BIO 5213

Biostatistika

2

 

MK Wajib Bidang Biodiversitas

 

BIO 5221

Biosistematika

2

BIO 5222

Biologi Evolusi

2

 

MK Wajib Bidang Bioekologi

 

BIO 5231

Ekologi Populasi

2

BIO 5232

Pemantauan dan Pengelolan Habitat

2

 

MK Wajib Bidang Bioproses

 

BIO 5241

Bioteknologi

2

BIO 5242

Biologi Perkembangan

2

 

MK Pilihan 1-3

 

BIO 5226

Sitotaksonomi Molekuler

2

BIO 5227

Palinologi

2

BIO 5228

Sistematika Molekuler

2

BIO 5237

Ekologi Akuatik

2

BIO 5238

Ekososiologi Hewan

2

BIO 5234

Interaksi Serangga dengan Tumbuhan

2

BIO 5244

Metabolisme

2

BIO 5246

Genetika Perkembangan

2

BIO 5247

Interaksi Mikroba dengan Tumbuhan

2

Jumlah

13

III

 

MK Pilihan 4

 

BIO 5224

Assesment Ekonomi Biodiversitas

2

BIO 5225

Etnobiologi

2

BIO 5235

Konservasi Satwa Liar

2

BIO 5236

Ekologi Lanskap

2

BIO 5245

Biofermentasi

2

BIO 5247

Interaksi Mikroba dengan Tumbuhan

2

BIO 5313

Penulisan Artikel Ilmiah

2

Jumlah

4

IV

BIO 5414

Seminar Hasil Penelitian

1

BIO 5413

Tesis

6

Jumlah

7

 Total SKS

36

 

Semeter

Kode MK

Nama Mata Kuliah

Bobot SKS

 

 

Bioekologi

2

 

 

Biodiversitas

2

 

 

Bioproses

2

I

 

Metodologi Penelitian

2

 

 

Biologi Sel dan  Molekuler

2

 

 

Konservasi Sumber Daya Hayati

2

 

 

Biostatistika

2

 

 

Wajib Bidang

4

II

 

Pilihan 1

2

 

 

Pilihan 2

2

 

 

Seminar Proposal

1

III

 

Pilihan 3

2

 

 

Pilihan 4

2

 

 

Publikasi

2

IV

 

Seminar Hasil Penelitian

1

 

 

Tesis

6

 

 

TOTAL

36

 


                                                                                                                    IV.      METODE PEMBELAJARAN

 

Perkuliahan dilaksanakan sebanyak 16 kali pertemuan per semester termasuk Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Sesuai dengan Kebijakan Mutu Internal Unand bahwa sistem pembelajaran diharuskan meningkatkan kreativitas berpikir mahasiswa melalui pembelajaran terpusat kepada mahasiswa dengan asas membangun suasana akademik yang kondusif antara dosen dan mahasiswa serta di antara mahasiswa. Untuk kesesuaian strategi, metode dan tujuan pembelajaran maka PSB S2 menjalankan standar proses pembelajaran sebagai berikut:

  1. Pembelajaran harus dirancang terhadap peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotorik (hardskill) serta afektif (softskill).
  2. Pembelajaran harus dirancang berdasarkan pendekatan Student-Centered Learning (SCL) dan pada umumnya metode memakai Cooperative Learning dan Dicovery Learning (DL).
  3. Setiap matakuliah harus memiliki Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan bahan ajar.
  4. RPS dan bahan ajar diharuskan diunggah ke dalam halaman Interactive-Learning (I-Learning) atau website fakultas/prodi.
  5. Setiap dosen diharuskan menyampaikan RPS dan kontrak perkuliahan diawal perkuliahan.

 

Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan SCL (Student Center Learning) dengan metode pada umumnya Cooperative Learning (CL) melalui tutorial oleh dosen, dan pemberian tugas mandiri kepada mahasiswa yang harus dipersentasikan dan didiskusikan. Rencana pembelajaran dibuat dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang wajib disusun oleh dosen/kelompok dosen pengampu mata kuliah tersebut. Melalui RPS kemungkinan tumpang tindih (overlaping) materi antar mata kuliah dan capaian pembelajaran akan mudah dievaluasi oleh Gugus Kendali Mutu (GKM). Di samping itu dosen diharuskan juga menyediakan bahan ajar dalam bentuk powerpoint atau modul kuliah. Untuk efisiensi proses pembelajaran bagi mahasiswa, RPS dan bahan ajar dapat diunduh pada media web dan I-Learning.

Cooperative Learning (CL) adalah metode belajar berkelompok yang dirancang oleh dosen untuk memecahkan suatu masalah/kasus atau mengerjakan suatu tugas. Kelompok ini terdiri atas beberapa orang mahasiswa, yang memiliki kemampuan akademik yang beragam.

Metode ini sangat terstruktur, karena pembentukan kelompok, materi yang dibahas, langkah‐ langkah diskusi serta produk akhir yang harus dihasilkan, semuanya ditentukan dan dikontrol oleh dosen. Mahasiswa dalam hal ini hanya mengikuti prosedur diskusi yang dirancang oleh dosen. Pada dasarnya CL seperti ini merupakan perpaduan antara teacher‐centered dan student‐ centered learning. Metode ini bermanfaat untuk membantu menumbuhkan dan mengasah: (a) kebiasaan belajar aktif pada diri mahasiswa; (b) rasa tanggungjawab individu dan kelompok mahasiswa; (c) kemampuan dan keterampilan bekerjasama antar mahasiswa; dan (d) keterampilan sosial mahasiswa.

Dicovery Learning (DL) adalah metode belajar yang difokuskan pada pemanfaatan informasi yang tersedia, baik yang diberikan dosen maupun yang dicari sendiri oleh mahasiswa, untuk membangun pengetahuan dengan cara belajar mandiri. Dosen menyediakan data, atau petunjuk (metode) untuk menelusuri suatu pengetahuan yang harus dipelajari oleh mahasiswa.  Dosen memeriksa dan memberi ulasan terhadap hasil belajar mandiri mahasiswa.

 

Proses Pembelajaran

  1. Sistem perkuliahan berbasis pada falsafah kognitivisme, koneksionisme, behaviorisme, dan konstruktivisme.
  2. Sistem penilaian meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, berbasis proses dan produk.
  3. Dalam perkuliahan dikembangkan kemampuan: presentasi, menulis karya ilmiah, koperatif, kolaboratif, kreatif, dan inovatif.
  4. Dalam perkuliahan dimasukan kegiatan –kegiatan berbasis IT, bilingual (Inggris-Indonesia), serta prinsip cross fertilization.
  5. Perkuliahan mempraktekan pendidikan nilai /karakter (disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti, ulet, pantang menyerah).

 

 

                                                                                                                                 V.      METODE PENILAIAN

 

Sistem penilaian dalam K‐DIKTI menggunakan standar penilaian pembelajaran yang dalam Permendikbud Nomor 49 Tahun 2014 pasal 18 ayat 1 diartikan sebagai kriteria minimal tentang penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan. Penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa mencakup:

  1. prinsip penilaian;
  2. teknik dan instrumen penilaian;
  3. mekanisme dan prosedur penilaian;
  4. pelaksanaan penilaian;
  5. pelaporan penilaian; dan
  6. kelulusan mahasiswa.

 

Prinsip penilaian mencakup prinsip edukatif, otentik, objektif, akuntabel, dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi. Prinsip edukatif merupakan penilaian yang memotivasi mahasiswa agar mampu: a) memperbaiki perencanaan dan cara belajar; dan b) meraih capaian pembelajaran lulusan. Prinsip otentik merupakan penilaian yang berorientasi pada proses belajar yang berkesinambungan dan hasil belajar yang mencerminkan kemampuan mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Prinsip objektif merupakan penilaian yang didasarkan pada standar yang disepakati antara dosen dan mahasiswa serta bebas dari pengaruh subjektivitas penilai dan yang dinilai. Prinsip akuntabel merupakan penilaian yang dilaksanakan sesuai dengan prosedur dan kriteria yang jelas, disepakati pada awal kuliah, dan dipahami oleh mahasiswa. Prinsip transparan merupakan penilaian yang prosedur dan hasil penilaiannya dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan.

Keberhasilan proses pembelajaran diukur melalui UTS, Ujian Praktikum dan UAS.  Teknik penilaian terdiri atas observasi, partisipasi, unjuk rasa, tes tertulis dan tes lisan. Nilai akhir perkuliahan diinput oleh dosen baik di dalam maupun luar lingkungan kampus melalui portal akademik yang disediakan Sistem Informasi Akademik (SIA). Nilai akhir hasil evaluasi diberikan dalam bentuk huruf dengan metode konversi sebagaimana tercantum dalam Peraturan Akademik Program Magister seperti ditunjukkan pada Tabel 5.1 berikut ini:

 

Tabel 5.1: Hubungan antara Nilai Angka (NA), Nilai Mutu (NM), Angka Mutu (AM)

Nilai Akhir

NM

AM

Sebutan Mutu

85 ≤  NA 100

A

4,00

Sangat Cemerlang

80 ≤  NA < 85

A-

3,50

Cemerlang

75 ≤  NA < 80

B+

3,25

Sangat Baik

70 ≤  NA < 75

B

3,00

Baik

65 ≤  NA < 70

B-

2,75

Hampir Baik

60 ≤  NA < 65

C+

2,25

Lebih dari Cukup

55 ≤  NA < 60

C

2,00

Cukup

50 ≤  NA < 55

C-

1,75

Hampir Cukup

40 ≤  NA < 50

D

1,00

Kurang

NA < 40

E

0,00

Gagal

 

Kepuasan layanan mahasiswa dalam perkuliahan dilakukan dengan memberikan kuesioner yang mencakup kehadiran dosen, kesesuaian RPS dengan implementasi perkuliahan, konstribusi pengetahuan baru bagi mahasiswa, kesesuaian soal ujian dengan bahan ajar, dan transparansi penilaian.  Hasil kepuasan mahasiswa tersebut dikirim kepada dosen terkait sebagai umpan balik perbaikan proses pembelajaran.

 

 

 


Lampiran 1. Tenaga Pendidik (Dosen)

No.

Nama Dosen Tetap

NIDN**

Tgl. Lahir

Jabatan Akademik***

Gelar Akademik

Pendidikan S1, S2, S3  dan Asal Universitas*

Bidang Keahlian untuk Setiap Jenjang Pendidikan

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Ardinis Arbain

0014065202

14-06-1952

Lektor Kepala ***

Dr.

S1 : UGM/1979

S3 : Heidelberg Univ. Jerman/1989

S1 :  Biologi

S3 :  Biologi (Taksonomi Tumbuhan

        tingkat Rendah)

2

Nasril Nasir

0006085406

06-08-1954

Lektor Kepala***

Dr.

S1 : UNAND/1985

S3 : Queensland Univ. Australia/ 1993

S1 :  Biologi

S3 :  Pertanian dan Hortikultura

3

Erizal Mukhtar

0001095709

01-09-1957

Guru Besar ***

Prof. Dr., M.Sc.

S1 : UNAND/1985

S2 : Ehime Univ.Jepang/1990

S3 : Yokohama National Univ. Jepang/ 2006

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Ekologi Tumbuhan)

S3 :  Biologi (Ekologi Tumbuhan)

4

Chairul

0007105712

07-10-1957

Lektor Kepala ***

Dr., MS.

S1 : UNAND/1984

S2 : ITB/1987

S3 : Kagoshima Univ. Jepang/ 2010

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Ekologi Tumbuhan)

S3 :  Biologi (Ekologi Tumbuhan)

5

Dewi Imelda Roesma

0004035815

03-04-1958

Lektor Kepala ***

Dr., MS.

S1 : ITB 1983

S2 : ITB 1996

S3 : Univ. Andalas / 2011

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Genetika)

S3 :  Biologi (Genetika)

6

Periadnadi

0025075908

25-07-1959

Lektor ***

Dr.

S1 : UNAND/1985

S3 : Johann Wolfgang Goethe Universitat. Jerman/ 2003

S1 :  Biologi

S3 :  Biologi (Mikrobiologi)

 

7

Dahelmi

0022095909

22-09-1959

Guru Besar ***

Prof. Dr., MS.

S1 : UNAND/1984

S2 : ITB/1989

S3 : Kanazawa Univ. Jepang/ 2008

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Taksonomi Hewan

         Invertebrata)

S3 :  Biologi (Ekologi Serangga)

8

Mansyurdin

0013026008

13-02-1960

Guru Besar ***

Prof. Dr., MS.

S1 : UNAND/1986

S2 : ITB / 1990

S3 : ITB/1996

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Perkembangan Tumbuhan)

S3 :  Biologi (Genetika)

9

Syamsuardi

0010096108

10-09-1961

Guru Besar ***

Prof. Dr., MS. M.Sc.

S1 : UNAND/1987

S2 : UGM/ 1992,

S2 : Osaka City Univ. Jepang/1999

S3 : Osaka  City Univ. Jepang/2002

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Taksonomi Tumbuhan

        Tk tinggi)

S3 :  Biologi (Taksonomi Tumbuhan

        Tk tinggi)

10

Anthoni Agustien

0008126210

08-12-1962

Lektor Kepala ***

Dr., MS.

S1 : UNAND/1986

S2 : ITB/1994

S3 : UNPAD/2009

S1 :  Biologi

S2 :  Biokimia

S3 :  Biologi (Mikrobiologi)

11

Nurmiati

0026116206

26-11-1962

Lektor Kepala ***

Dr.

S1 : UNAND/1987

S3 : Johann Wolfgang Goethe Universitat, Jerman/ 2003

S1 :  Biologi

S3 :  Biologi (Mikrobiologi)

12

Syaifullah

0005016306

05-01-1963

Lektor Kepala ***

Dr.

S1 : UNAND/1987

S3 : Univ. Western Sidney, Australia/ 2001

S1 :  Biologi

S3 :  Biologi (Genetika)

13

Tesri Maideliza

0007056410

07-05-1964

Lektor Kepala ***

Dr., MS. M.Sc.

S1 : UNAND/1990

S2 : ITB/1995

S2 : Osaka City Univ. Jepang/2001

S3 : Osaka City Univ. Jepang/2004.

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Struktur Perkembangan

        Tumbuhan)

S3 :  Biologi Struktur Perkembangan

        Tumbuhan / Genetika

14

Zozy Aneloi Noli

 

0026086407

26-08-1964

Lektor Kepala ***

Dr.,  MP.

S1 : UNAND/1989

S2 : UNPAD/1988

S3 : UNPAD/2005

S1 :  Biologi

S2 :  Pertanian (Fisiologi Tumbuhan)

S3 :  Biologi (Fisiologi Tumbuhan)

15

Mairawita

0004056507

04-05-1965

Lektor***

Dr., M.Si.

S1 : UNAND/1991

S2 : UNAND/2001

S3 : UNAND/2012

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Taksonomi Hewan

         Invertebrata)

S3 :  Biologi (Hama dan Penyakit

        Tumbuhan)

16

Indra Junaidi Zakaria

0008066712

08-06-1967

Lektor Kepala***

Dr., M.Si.

S1 : Univ Bung Hatta/1991

S2 : IPB/1996

S3 : Christian Albrech Universitat, Jerman/2004

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Ekologi Perairan)

S3 :  Biologi (Ekologi Perairan)

17

Djong Hon Tjong

001116807

01-11-1968

Lektor Kepala ***

Dr., MS.

S1 : UNAND/1993

S2 : ITB/2003

S3 : Hiroshima Univ. Jepang/ 2007

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Genetika)

S3 :  Biologi (Genetika)

17

Efrizal

0011056906

11-05-1969

Lektor Kepala***

Dr., MS.

S1 : UBH/1992

S2 : IPB/1995

S3 : Univ. Putra Malaysia, Malaysia/2006

S1 :  Perikanan

S2 :  Perikanan(Biologi Reproduksi)

S3 :  Biologi (Biologi Reproduksi)

19

Nurainas

 

 

0014086906

 

14-08-1969

Lektor***

Dr., M.Si.

S1 : UNAND/1994,

S2 : IPB/2003

S3 : UNAND/2012

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Taksonomi Tumbuhan

        Tk tinggi)

S3 :  Biologi (Taksonomi Tumbuhan Tk

        Tinggi)

20

Jabang Nurdin

0005077010

05-07-1970

Lektor***

Dr., M.Si.

S1 : UNAND/1995

S2 : ITB/2000

S3 : UI /2009

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Ekologi Perairan)

S3 :  Biologi (Ekologi Perairan)

21

Wilson Novarino

0003117103

03-11-1971

Lektor Kepala ***

Dr., M.Si.

S1 : UNAND/1995

S2 : UNAND/1998

S3 : IPB/2008

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Ornithologi)

S3 :  Kehutanan(Ornithologi)

22

Rizaldi

0012117108

12-11-1971

Lektor ***

Dr., M.Sc.

S1 ; UNAND/1996

S2 : Kyoto Univ. Jepang/2005

S3 : Kyoto Univ. Jepang/2008

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Primatologi)

S3 :  Biologi (Primatologi)

23

Henny Herwina

0026027303

26-02-1973

Lektor Kepala***

Dr., M.Si, M.Sc.

S1 : UNAND/1996

S2 : ITB/1998

S2 : Kanazawa Univ. Jepang/2001

S3 : Kanazawa Univ. Jepang/2005

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Entomologi)

S3 :  Biologi (Ekologi Serangga)

24

Fuji Astuti Febria

0028027303

28-02-1973

Lektor***

Dr., M,Si.

S1 : UNAND/1997

S2 : ITB/2001

S3 : UNAND / 2011

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Mikrobiologi)

S3 :  Biologi (Mikrobiologi)

25

Resti Rahayu

0021027404

21-02-1974

Lektor***

Dr., M,Si.

S1 : UNAND/1998

S2 : ITB/2001

S3 : ITB/2011

S1 :  Biologi

S2 :  Biologi (Taksonomi Hewan

         Invertebrata)

S3 :  Biologi (Serangga)

 

 

 


Lampiran 2. Tenaga Kependidikan

Data tenaga kependidikan yang ada di PS, Fakultas atau PT yang melayani mahasiswa PS.

No.

Jenis Tenaga Kependidikan

Jumlah Tenaga Kependidikan dengan

Pendidikan Terakhir

Unit Kerja

S3

S2

S1

D4

D3

D2

D1

SMA/SMK

1

Pustakawan *

0

0

2

0

4

5

0

 

Pustaka Universitas

2

Laboran/ Teknisi/ Analis/ Operator/ Programer

 

 

2

 

 

 

 

3

PS

3

Administrasi

 

 

3

 

1

 

 

2

PS

4

Lainnya : …

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Total

0

0

7

0

5

5

0

5

 

 

* Hanya yang memiliki pendidikan formal dalam bidang perpustakaan

 


Lampiran 3.  Sarana dan Prasarana

Data prasarana (kantor, ruang kelas, ruang laboratorium, studio, ruang perpustakaan, kebun percobaan, dsb. kecuali ruang dosen) yang dipergunakan PS dalam proses belajar mengajar dengan  mengikuti format tabel berikut:

No.

Jenis Prasarana

Jumlah Unit

Total Luas (m2)

Kepemilikan

Kondisi

Utilisasi (Jam/ minggu)

SD

SW

Terawat

Tidak Terawat

 

1

Kantor

1

600,77

 

 

50

2

Ruang Adm

1

225

 

 

50

3

Ruang Baca

1

142,33

 

 

50

4

Perpustakaan

5

 

 

 

168

5

Ruang Mahasiswa S2 & S3

1

24,3

 

 

50

6

Ruang Akreditasi

1

15,11

 

 

50

7

Gazebo

1

52

 

 

48

8

Ruang Seminar

2

140,4

 

 

8

9

Ruang kuliah

39

2646

 

 

50

10

Ruang rapat

1

132

 

 

3

11

Ruang sidang

2

24

 

 

8

12

Ruang tamu

1

17,78

 

 

50

13

Loby PS

1

88,75

 

 

50

14

Laboratorium Riset

10

1851,3

 

 

50

15

Laboratorium Pendidikan

4

1346,4

 

 

168

16

Riset Visitor

1

168,3

 

 

50

17

Herbarium

1

336,6

 

 

168

18

Museum

1

336,6

 

 

168

19

Rumah Kaca

1

2488

 

 

168

20

Ruang pengovenan Herbarium

1

26,68

 

 

168

21

Kandang Percobaan

1

16

 

 

168

22

Arboretum/Taman Kehati

1

15 ha

 

 

168

23

Hutan Pendidikan dan Penelitian Biologi

1

123 ha

 

 

168

24

Ruang Alat

1

19,09

 

 

50

25

Ruang Zat

1

18,1

 

 

50

                   

 

Keterangan:      SD = Milik PT/fakultas/jurusan sendiri;

SW = Sewa/Kontrak/Kerjasama

Read 2060 times Last modified on Minggu, 17 Februari 2019 14:01