Print this page

Profil & Kurikulum Program Studi Doktor Biologi

 SPESIFIKASI PROGRAM DOKTOR BIOLOGI

 PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

 

Profil Lulusan

Luaran Program Doktor Biologi dirancang menjadi: Dosen Peneliti

  

Capaian Pembelajaran  Lulusan (CPL)

CPL1: Mampu menguasai filsafat keilmuan biologi.

CPL2: Menguasai state of the art (terkini) teori biologi tentang konsep biosistematik

dan evolusi biodiversitas tropis Indonesia.

CPL3: Menguasai state of the art (terkini dan termaju) teori biologi tentang pengem- bangan komunitas dan lingkungannya untuk konservasi biodiversitas tropis Indonesia.

CPL4: Menguasai state of the art (terkini dan termaju) teori biologi tentang pengem- bangan  potensi  biodiversitas  tropis  Indonesia  untuk  memproduksi  dan menciptakan produk baru.

CPL5: Mampu  menentukan status taksonomi dengan menggunakan berbagai bukti untuk validasi biodivertas tropis Indonesia.

CPL6: Mampu mengelola keragaman ekosistem, spesies dan genetik secara terin- tegrasi untuk tujuan konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan.

CPL7: Mampu menggali potensi biodiversitas tropis Indonesia melalui pendekatan bioteknologi untuk mendisain dan menghasil produk baru.

CPL8: Mampu berfikir kreatif, kritis dan analisis, dan pemecahan masalah.

CPL9: Mampu bekerja secara mandiri, menjalin kerjasama lintas bidang ilmu, mengelola penelitian interdisiplin, dan mendiseminasikan hasil penelitian bertaraf internasional.

CPL10: Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya. CPL11: Memiliki etos kerja keras, displin dan menghargai waktu.

 

Nama Mata Kuliah

 

CPL

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

Falsafah Biologi

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengembangan Biodiversitas

 

 

 

 

 

Topik Khusus I

 

 

 

 

 

Topik Khusus II

 

 

 

 

 

 

Penulisan Artikel Ilmiah Internasional

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyusunan Proposal

 

 

 

 

 

Seminar Proposal

 

 

 

 

 

 

 

Penelitian Tahap I

 

 

 

 

 

 

Laporan Penelitian Tahap I

 

 

 

 

 

Seminar Hasil Penelitian Tahap I

 

 

 

 

 

 

 

 

Penelitian Tahap II

 

 

 

 

 

Laporan Penelitian Tahap II

 

 

 

 

 

 

 

Seminar Hasil Penelitian Tahap II

 

 

 

 

 

 

 

 

Seminar Hasil

 

 

 

 

 

 

 

 

Disertasi dan Ujian Tertutup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Matrik hubungan mata kuliah dengan CPL

 

SEBARAN MATA KULIAH PER SEMESSTER

 

Jalur Perkuliahan

Kode MK

Nama Mata Kuliah*

Bobot SKS

Semester I

11

BIO 7111

Falsafah Biologi

2

BIO 7211

Pengembangan Biodiversitas

3

BIO 7212

Topik Khusus I

3

BIO 7213

Topik Khusus II

3

Semester II

9

BIO 7221

Penyusunan Proposal

3

BIO 7222

Seminar Proposal

1

BIO 7223

Penelitian Tahap I

5

Semester III

6

BIO 7214

Penulisan Artikel Ilmiah Internasional

2

BIO 8231

Laporan Penelitian Tahap I

3

BIO 8232

Seminar Hasil Penelitian Tahap I

1

Semester IV

9

BIO 8241

Penelitian Tahap II

5

BIO 8242

Laporan Penelitian Tahap II

3

BIO 9251

Seminar Hasil Penelitian Tahap II

1

Semester III

7

BIO 9261

Seminar Hasil

1

BIO 9262

Disertasi dan Ujian Tertutup

6

Total SKS

42

 

Kode MK

Nama Mata Kuliah*

Bobot SKS

Semester I

10

BIO 7111

Falsafah Biologi

2

BIO 7212

Topik Khusus I

3

BIO 7213

Topik Khusus II

3

BIO 7214

Penulisan Artikel Ilmiah Internasional

2

Semester II

9

BIO 7221

Penyusunan Proposal

3

BIO 7222

Seminar Proposal

1

BIO 7223

Penelitian Tahap I

5

Semester III

9

BIO 8231

Laporan Penelitian Tahap I

3

BIO 8232

Seminar Hasil Penelitian Tahap I

1

BIO 8241

Penelitian Tahap II

5

Semester IV

9

BIO 8242

Laporan Penelitian Tahap II

3

BIO 9251

Seminar Hasil Penelitian Tahap II

1

BIO 9252

Penelitian Tahap III

5

Semester V

4

BIO 9253

Laporan Penelitian Tahap III

3

BIO 9254

Seminar Hasil Penelitian Tahap III

1

Semester V

7

BIO 9261

Seminar Hasil

1

BIO 9262

Disertasi dan Ujian Tertutup

6

 

Total SKS

48

 

 

 

Jalur Penelitian

 

DESKRIPSI MATA KULIAH, TOPIK KHUSUS DAN PENELITIAN

  

Deskripsi Matakuliah

 

Falsafah Biologi

 Mata kuliah Falsafah Biologi mencakup dasar falsafah sains (logika, ontologi, epistomologi, aksiologi, empirisme, kausalitas, teori dan konsep), falsafah ilmu sistematika dan evolusi, falsafah ekologi dan konservasi, dan falsafah pengembangan potensi biodiversitas tropis Indonesia.

 

Pengembangan Biodiversitas

 Mencakup peningkatan integrasi biosistematika, evolusi, evolusi, ekosistem, spesies dan genetika untuk konservasi, dan pengembangan potensi biodiversitas tropis Indonesia.

 

Penulisan Artikel Ilmiah Internasional

 Materi mata kuliah Penulisan Artikel Ilmiah Internasional mencakup: (1) pemilihan jurnal ilmiah internasional yang terindek; (2) pencarian guidline for author; (3) pencarian salah satu artikel; (4)  penulisan artikel sesuai petunjuk (penulisan title page, badan artikel, abstrak dan kata kunci, acknowledgement, referensi list, penulisan tabel dan gambar); (5) submitting manuscript; (6) perbaikan manuscript; (7) proof reading; (8) galley proof.

 

 Deskripsi Topik Khusus

 Topik Khusus I

 Materi Topik Khusus I ditetapkan oleh komisi pembimbing tentang review teori- teori yang berkaitan dengan tema penelitian disertasi yang bersumber dari artikel yang dipublikasi jurnal internasional dalam 10 tahun terakhir.

 

Topik Khusus II

 Materi Topik Khusus II ditetapkan oleh komisi pembimbing tentang kumpulan metode-metode yang berguna untuk pelaksanaan penelitian sesuai dengan tema  disertasi yang bersumber dari berbagai sumber referensi.

 

Deskrips Penelitian disertasi

 Penelitian Tahap I

 Pengumpulan data melalui penelitian lapangan dan/atau laboratorium secara empiris untuk memecahkan masalah berdasarkan atas  teori-teori  yang  berasal  dari sejumlah  hipotesis  yang  telah  teruji,  dan menjadi landasan untuk tahap penelitian berikutnya serta berkontribusi bagi pengayaan ilmu pengetahuan dalam bidang terkait.

 

Penelitian Tahap II

Pengumpulan   data   penelitian   lanjutan   dari   Penelitian   Tahap   I   yang dilaksanakan secara empiris untuk menguji sejumlah hipotesis, dan berkontribusi dalam membangun kebaharuan (novelty)  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  dalam  bidang terkait.

 

Penelitian Tahap III

Pengumpulan data penelitian lanjutan dari Penelitian Tahap II secara empiris untuk menguji atau mengevaluasi temuan kebaharuan (novelty) ilmu penge- tahuan dan teknologi yang bermanfaat untuk pengembangan biodiversitas secara berkelanjutan.

 

PROSES PEMBELAJARAN

Pelaksanaan  proses  pembelajaran  berlangsung  dalam  bentuk  interaksi  antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar dalam lingkungan belajar tertentu. Metode

pembelajaran mencakup SelfDirected Learning (SDL), Discovery Learning (DL),

dan/atau Project-Based Learning = (PbL).

 

SelfDirected Learning (SDL);

Pembelajaran terarah sendiri (self-directed learning = SDL) adalah model pembela-

jaran dimana inisiatif pembelajaran berasal dari mahasiswa dan mereka ber- tanggung jawab untuk menyelesaikan pembelajaran mereka, dengan atau tanpa bantuan orang lain. Dosen melaksanakan rancangan pembelajaran yang telah disusun berdasarkan level self-directed mahasiswa. Untuk program S3 ditetapkan involved learner (learners of intermediate self-direction),   yaitu mahasiswa mulai melihat kemampuan dirinya sebagai peserta aktif dari proses pembelajaran, mampu belajar mandiri dengan fasilitator dosen. Untuk menjadi self-directed learner perlu membangun self-concept, meningkatkan percaya diri, sense of direction, dan ke- mampuan bekerja mandiri dan belajar bersama orang lain atau dalam kelompok, serta membangun soft skills.

 

Discovery Learning (DL)

Pembelajaran penemuan (discovery learning = DL) merupakan suatu metode pem- belajaran yang difokuskan pada pemanfaatan informasi yang tersedia, baik yg diberikan dosen maupun yg dicari sendiri oleh mahasiswa, untuk membangun pengetahuan  dengan  cara  belajar  mandiri.  Proses  pembelajaran  yang menggunakan metode DL, materi apa yang akan dipelajari mahasiswa secara detail tidak diberikan oleh dosen, namun ditemukan sendiri oleh mahasiswa. Dosen mendorong mahasiswa agar mempunyai pengalaman dan melakukan eksperimen dengan  memungkinkan  mereka  menemukan  prinsip-prinsip  atau  konsep-konsep bagi diri mereka sendiri. Metode DL dapat mendorong mahasiswa untuk bertanya dan memformulasikan jawaban sementara mereka, serta menyimpulkan prinsip- prinsip umum dari contoh-contoh praktis atau pun pengalaman.

 

Project-Based Learning = (PbL)

 Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning = PbL) merupakan salah

satu  metode  pembelajaran  sistematis  yang  mengajak  mahasiswa  mempelajari pengetahuan  dan  keterampilan-keterampilan  melalui  proses  penyelidikan  yaang

 

Ujian Kualifikasi

 

KURIKULUM TIDAK TERSTRUKTUR

terstruktur tentang pertanyaan dan produk serta tugas yang kompleks, otentik dan dirancang secara hati-hati. PbL mengarahkan mahasiswa melalui proyek/penelitian untuk mengembangkan daya pikir, mencari sendiri cara pemecahan masalah- masalah, mengembangkan kemampuan kerjasama, menelusuri literatur, menyampaikan informasi, dan melakukan evaluasi sendiri terhadap temuan- temuannya. Proyek-proyek dikembangkan dari situasi nyata di kehidupan sehari-hari sehingga kurikulum menjadi lebih menarik dan bermakna.

 

Ujian Prakualifikasi (Prelim) adalah ujian kualifikasi terhadap mahasiswa Program Doktor, dengan tujuan mengevaluasi kesiapannya menjadi kandidat doktor dan melakukan penelitian mandiri untuk sebuah disertasi, dengan bobot 0 (nol) SKS. Mahasiswa program doktor baik jalur perkuliahan maupun jalur penelitian dapat mengajukan ujian kualifikasi apabila memenuhi syarat akademik utama adalah telah mengambil semua beban studi yang diwajibkan pada semester I (satu), dan telah menyelesaikan konsep atau draft rencana penelitian yang disetujui oleh promotor. Penilaian ujian kualifikasi ini berkaitan dengan kesiapan mahasiswa baik secara teori, konsep maupun teknis untuk pelaksanaan penelitian disertasinya, dengan materi  pokok  ujian  sebagai  berikut:  (a)  penguasan  konsep  dan  falsafah  sains dibidang keilmuannya; (b) penguasan konsep strategis yang mendukung rancangan penelitian yang diajukan; (c) pemahaman masalah penelitian, pemahaman metodologi, pengetahuan state of the art dari topik penelitian; dan (d) kesiapan kerja mandiri dalam penelitian dan penulisan disertasi. (e) Ujian kualifikasi dilaksanakan secara lisan dihadapan tim penguji.

  

Publikasi Ilmiah

Hasil penelitian disertasi ditulis menjadi artikel ilmiah dan dipublikasikan minimal pada 1 (satu) artikel ilmiah pada jurnal internasional yang bereputasi untuk jalur perkuliahan, sedangkan untuk jalur penelitian ditambah dengan 2 (dua) artikel ilmiah pada jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal ilmiah internasional yang terindeks.

  

Ujian terbuka

 Sidang ujian terbuka merupakan ujian promosi doktor dihadapan tim penguji dan bersifat terbuka yang dapat dihadiri oleh dosen, mahasiswa dan undangan tertentu. Sidang ujian terbuka memiliki bobot 0 (nol) sks. Setiap mahasiswa program doktor yang telah menempuh ujian terbuka dapat memilih untuk tidak mengikuti sidang ujian terbuka jika telah memiliki 1 (satu) artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ilmiah internasional yang bereputasi dan 1 (satu) tambahan jurnal ilmiah nasional terakreditasi atau jurnal ilmiah internasional yang terindeks (Scopus).

 

DOSEN

LABORATORIUM DAN PRASARANA PENDUKUNG

  

Prasarana Utama

No

Nama Lengkap

Bidang Keahlian

Alamat E-mail

1

Prof. Dr. Dahelmi, MS

Ekologi Serangga

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

2

Prof. Dr. Erizal Mukhtar, M.Sc.

Ekologi Tumbuhan

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3

Prof. Dr. Mansyurdin, MS

Perkembangan

Tumbuhan

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

4

Prof. Dr. Syamsuardi, M.Sc.

Biosistematika

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

5

Dr. Nasril Nasir, MS

Fitopatologi

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

6

Dr. Dewi Imelda Roesma, M.Si.

Genetika Ikan

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

7

Dr. Anthoni Agustien, MS

Bakteriologi

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

8

Dr. Djong Hon Tjong, M.Si.

Genetika Reptil

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

9

Dr. Wilson Novarino, M.Si.

Ekologi Vertebrata

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

10

Dr. Henny Herwina, M.Si

Ekologi Serangga

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

 

Laboratorium

Plant Taxonomy Animal Taxonomy Plant Ecology Animal Ecology

Genetics and Cell Biology

Microbiology Plant Physiology Animal Physiology

Plant Structures and Functions Animal Structures and Functions Herbarium Andalas (ANDA) Museum of Zoology

 

Prasarana untuk Proses Pembelajaran

Reading room and Library

Greenhouse and animal maintenance room

The Biological Educational and Research Forest (HPPB) Arboretum Andalas

 

Sarana dan Prasarana Pendukung

Mosque, Hospital, Polyclinic, Campus Bus, Sport Facilities, Convention Center, Lan- guage Center, Guest House, etc

Read 381 times Last modified on Minggu, 17 Februari 2019 14:02