KURIKULUM PRODI S2 BIOLOGI
Semester |
Mata Kuliah |
Kode |
sks |
|
Biologi Sel dan Molekuler |
BIO 5111 |
2 |
|
Biodiversitas |
BIO 5112 |
2 |
I |
Bioekologi |
BIO 5113 |
2 |
|
Bioproses |
BIO 5114 |
2 |
Konservasi Sumber Daya Hayati |
BIO 5115 |
2 |
|
|
Metodologi Penelitian |
BIO 5118 |
2 |
|
Biostatistika |
BIO 5213 |
2 |
|
Wajib Bidang |
BIO xxxx |
4 |
II |
Pilihan 1 |
BIO xxxx |
2 |
|
Pilihan 2 |
BIO xxxx |
2 |
|
Seminar Proposal |
BIO 5312 |
1 |
III |
Pilihan 3 |
BIO xxxx |
2 |
|
Pilihan 4 |
BIO xxxx |
2 |
|
Penulisan Artikel Ilmiah |
BIO 5411 |
2 |
IV |
Seminar Hasil Penelitian |
BIO 5414 |
1 |
|
Tesis |
BIO 5413 |
6 |
|
TOTAL |
|
37 |
Mata Kuliah Wajib per Bidang (pada semester Genap)
Bidang |
Mata Kuliah |
Kode |
sks |
Biodiversitas |
1. Bisistematika |
BIO 5221 |
2 |
|
2. Biologi Evolusi |
BIO 5222 |
2 |
Bioekologi |
1. Ekologi Populasi |
BIO 5231 |
2 |
|
2. Pemantauan dan Pengelolan Habitat |
BIO 5232 |
2 |
Bioproses |
1. Bioteknologi |
BIO 5241 |
2 |
|
2. Biologi Perkembangan |
BIO 5242 |
2 |
Mata Kuliah Pilihan per Bidang (ganjil dan genap)
Bidang |
Mata Kuliah |
Kode |
sks |
|
1. Assesment Ekonomi Biodiversitas |
BIO 5224 |
2 |
|
2. Etnobiologi |
BIO 5225 |
2 |
Biodiversitas |
3. Sitotaksonomi Lanjut |
BIO 5226 |
2 |
|
4. Palinologi |
BIO 5227 |
2 |
|
5. Sistematika Molekuler |
BIO 5228 |
2 |
|
1. Interaksi Serangga dengan Tumbuhan |
BIO 5234 |
2 |
|
2. Konservasi Satwa Liar |
BIO 5235 |
2 |
Bioekologi |
3. Ekologi Lanskap |
BIO 5236 |
2 |
|
4. Ekologi Akuatik |
BIO 5237 |
2 |
|
5. Ekososiologi Hewan |
BIO 5238 |
2 |
|
1. Metabolisme |
BIO 5244 |
2 |
|
2. Biofermentasi |
BIO 5245 |
2 |
Bioproses |
3. Genetika Perkembangan |
BIO 5246 |
2 |
|
4. Interaksi Mikroba dengan Tumbuhan |
BIO 5247 |
2 |
|
5. Biokontrol |
BIO 5248 |
2 |
KURIKULUM
S2 BIOLOGI FMIPA UNIVERSITAS ANDALAS
Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi S2 Biologi MIPA UNAND
CP Sikap dan tata nilai:
ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;
ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; dan
ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.
CP Penguasaan Pengetahuan:
PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;
PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;
PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati.
PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik.
PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas.
CP Keterampilan Khusus:
KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif;
KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner;
KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan.
KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi.
KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri .
CP Keterampilan Umum dan Soft Skills:
KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
KS2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
KS7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri;
KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat.
Profil lulusan PS S2 Biologi:
Matriks profil lulusan dan capaian pembelajaran PS S2 Biologi FMIPA UNAND
No |
Profil Lulusan |
Capaian Pembelajaran |
1 |
Peneliti |
ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa; ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya.
|
PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat; PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati. PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik. PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas. |
||
KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif; KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner; KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan. KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri . |
||
KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional; KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat. |
||
2 |
Dosen |
ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa; ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya. |
PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat; PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati. PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik. PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas. |
||
KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif; KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner; KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan. Dan KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri . |
||
KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional; KS1. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya; KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; KS7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat. |
||
2 |
Konsultan Lingkungan
|
ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa; ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;. |
PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat; PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati. PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik. PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas. |
||
KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif; KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner; KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan. Dan KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi; dan KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri . |
||
KS1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiahn dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional; KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan |
||
3 |
Tenaga Ahli |
ST1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; ST2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; ST3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; ST4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa; ST5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; ST6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; ST7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; ST8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; ST9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; dan ST10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. ST11. Menginternalisasi nilai kejujuran ilmiah dalam bertindak dan berkarya. |
PP1. Menguasai teori biologi, mencakup tingkat kajian sel dan molekul, biologi organisme, ekologi, evolusi, dan biosfer;PP2. Mampu menentukan metode penelitian yang tepat;PP3. Menguasai prinsip dan konsep pengukuran berbasis pada state of the art teknologi untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati. PP4. Menguasai teori biodiversitas yang mencakup tingkat kajian diversitas ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik. PP5. Menguasai prinsip dan konsep bioproses dalam pengembangan dan pemanfaatan potensi biodiversitas. |
||
KK1. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan keilmuan biologi dengan menghasilkan model atau metode atau pengembangan teori yang teruji, dan inovatif; KK2. Mampu memecahkan masalah terkait dengan sumber daya hayati melalui pendekatan deduksi dan/atau induksi secara inter- atau multidisipliner; KK3. Mengembangkan keilmuan biologi yang dapat diaplikasikan pada lingkup pangan, kesehatan, bioenergi, dan/atau lingkungan. KK4. Mampu melakukan pendalaman atau perluasan ekosistem, diversitas spesies dan diversitas genetik untuk kepentingan biokonsrvasi.; dan KK5. Mengembangkan potensi biodiversitas yang dapat diaplikasikan dalam bidang pertanian dan industri . |
||
KS3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas; KS4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; KS5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data; KS6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas; KS8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan KS9. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis melalui publikasi, dan belajar sepanjang hayat. |
Padang, 19 Maret 2018
Dekan FMIPA UNAND Ka Prodi S2 Biologi UNAND
Prof. Dr. Masyurdin, MS Dr. Jabang Nurdin
NIP. 19600213 1987 03 1005 NIP.1970 0705 1999031002