Kaprodi S3 Biologi : Prof.Dr.Dahelmi, MS

Pendahuluan

Dunia telah dikejutkan dengan perubahan iklim global, perubahan tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi keanekaragaman hayati dan ekosistem. Ancaman yang terbesar terhadap keanekara-gaman hayati (biodiversitas) adalah menurunnya populasi (tumbuhan, hewan dan mikroba) dan ada kemungkinan untuk menuju kepunahan. Penelitian terhadap biodiversitas dan pemanfaatan sumber daya hayati (SDH) menjadi penting berikut usaha konservasinya. Sebagai salah satu negara yang memiliki biodiversitas sangat besar, Indonesia meneyediakan banyak sumberdaya alam hayati yang tidak ternilai harganya, dari bakteri hingga jamur, tumbuhan dan hewan. Pencarian isolat dan jenis organisme yang potensial untuk digunakan dalam bidang industri, pertanian dan kesehatan merupakan pekerjaan yang harus dilakukan. Potensi yang tersimpan ini dapat diangkat untuk tujuan pelestarian lingkungan maupun untuk kesejahteraan manusia. Untuk mengantisipasi kemajuan ilmu dan teknologi yang sangat pesat, perlu disiapkan kemampuan bersaing yang tinggi, maka pendidikan Biologi harus menekankan penguasaan bidang ilmu biodiversitas, ekologi dan bioproses. Ketiga bidang tersebut merupakan landasan untuk konservasi dan pengembangan sumberdaya alam hayati untuk pembangunan yang berkelanjutan. Untuk itu, dibutuhkan tenaga dosen dan peneliti berkualifikasi Doktor dalam bidang Biologi.

Visi

Universitas Andalas memiliki visi yang tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Universitas Andalas 2007-2011, yaitu menjadi salah satu Universitas yang memiliki peringkat dan kualitas terbaik di Indonesia dan memiliki peran besar dalam jaringan kerjasama akademik secara nasional, internasional, dan konsekuensi lain yang mengikutinya dengan memperhatikan pula aspek pemanfaatan sumber daya alam tropis, khususnya Sumatera. Maka dengan demikian, visi Program Doktor Biologi adalah: “Menghasilkan lulusan Doktor Biologi terkemuka di Indonesia dalam pengkajian, pemanfaatan dan pelestrarian sumberdaya hayati daerah tropika serta ekosistemnya”.

Misi

Misi Universitas Andalas adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan IPTEKS dan menciptakan SDM yang berkualitas untuk terwujudnya kejayaan bangsa. Sesuai dengan misi Universitas Andalas tersebut, maka misi Program Doktor Biologi adalah: 1. Mengembangkan pengetahuan Ilmu-ilmu Biologi sesuai dengan kebutuhan pembangunan masa depan yang penuh tantangan di daerah tropika. 2. Memfokuskan penelitian tentang masalah sumber daya hayati dalam rangka peningkatan pemanfaatan dan pelestariannnya. 3. Menerapkan ilmu dan teknologi dalam pemanfaatan dan konservasi sumber daya hayati daerah tropika beserta ekosistemnya untuk kesejahteraan umat manusia.

Kompetensi Lulusan

1. Menguasai Falsafah Sains dan penerapannya dalam penelitian yang terkait dengan biodiversitas, ekologi dan bioproses. 2. Mampu mengidentifikasikan, merumuskan, dan memecahkan masalah-masalah yang berhubungan dengan biodiversitas, ekologi dan bioproses. 3. Mampu menemukan kebaruan (novelty) dalam teori yang nantinya diaplikasikan dalam bidang biodiversitas, ekologi danbioproses. 4. Mampu melakukan pendekatan multidisiplin bagi penerapan keahliannya secara profesional dalam bidang Biologi Tropika dengan bidang lainnya yang mencakup Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan.