Kaprodi S2 Biologi : Dr. Jabang Nurdin

Latar Belakang

Program Studi Biologi dibuka berdasarkan surat izin Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.77/DIKTI/Kep/1997. Badan Akreditasi Nasional pada tahun 2009 telah memberikan predikat B untuk Program Magister Program Studi Biologi sampai tahun 2014. Program Studi Biologi sebagai penyelenggara pendidikan memfokuskan kajian tentang keanekaragaman hayati dan ekosistem, pemanfaatan serta pelestariannya untuk kejayaan bangsa, sehingga dihasilkan Magister Sains yang berkualitas.

Pemusatan

Sesuai dengan visi dan misi jurusan Biologi secara umum, maka sejak tahun akademik 2014/2015 Program Magister Biologi telah membuka tiga pemusatan yaitu BIOEKOLOGI, BIOSISTEMATIKA dan BIOPROSPEKSI

Sistim Penyelenggaraan dan Lama Pendidikan

Pendidikan diselenggarakan dengan pola perkuliahan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) dengan beban studi adalah 36-40 sks termasuk didalamnya tesis. Program ini direncanakan berlangsung dalam 4 semester (2 tahun), namun bagi yang dapat bekerja lebih giat program ini bahkan dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 4 semester.  Perkuliahan dilaksanakan setiap hari kerja pada pagi, siang dan sore bertempat di gedung Program Pascasarjana Universitas Andalas dan Kampus Biologi FMIPA UNAND Limau Manis.

Beasiswa

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyediakan sejumlah beasiswa BPP-DN bagi  mereka yang bekerja di  lingkungan Perguruan Tinggi. Bagi mahasiswa dengan pembiayaan sendiri berpeluang mendapatkan bantuan penelitian dari sumber dana dalam dan luar negeri. Mahasiswa yang berprestasi berpeluang mengikuti student exchange ke luar negeri (Jepang). Terbuka peluang bagi mahasiswa memperoleh dana penelitian melalui kerjasama dengan dosen yang mendapat hibah penelitian baik nasional maupun internasional.

Kompetensi Lulusan

Sejak tahun akademik 2005/2006 telah dibuka pemusatan Ekologi, Biodiversitas dan Bioproses, kompetensi lulusan dari program studi S2 Biologi adalah sebagai berikut: 1. Mempunyai kemampuan megembangkan dan memutakhirkan konsep-konsep ekologi keanekaragaman dan pemanfaatan SDA daerah tropika dengan cara menguasai dan memahami pendekatan dan metode, kaidah ilmiah disertai keterampilan penerapannya. 2. Memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan lingkungan melalui kegiatan penelitian, pengembangan dan penggalian potensi biodiversitas. 3. Mempunyai kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya dengan ketajaman analisis, keserbacakupan tinjauan, keterpaduan dalam memecahkan permasalahan lingkungan, memecahkan permasalahan plasma nutfah dan penggalian potensi spesies liar.

Staf Pengajar

  1. Prof. Dr. Dahelmi, MS
  2. Prof. Dr. Mansyurdin, M.S
  3. Prof. Dr. Syamsuardi Msc.
  4. Prof. Dr. Erizal Mukhtar, M.Sc
  5. Dr. Anthoni Agustien, MS
  6. Dr. Chairul M, MS
  7. Dr. Dewi Imelda Rosema MS
  8. Dr Warneti Munir, MS
  9. Dr. phil. nat. Periadnadi
  10. Dr. Nasril Nasir
  11. Dr. Syaifullah
  12. Dr. phil. nat. Nurmiati
  13. Dr. Tesri Maideliza, M.Sc
  14. Dr. Zozy Aneloi Noli, M.P
  15. Dr. Djong Hon Tjong, M.Si
  16. Dr. Feskaharny Alamsjah, M.S
  17. Dr. Jabang, MSi
  18. Dr. Wilson Novarino, M.Si
  19. Dr. Henny Herwina, M.Sc
  20. Dr. rer. nat. Ir. Indra Junaidi Z.,M.S
  21. Dr. Ir. Efrizal, M.S
  22. Dr. Mairawita, MSi
  23. Dr. Rizaldi MSc.
  24. Dr. Nurainas MSi
  25. Dr. Fuji Astuti Febria MSi
  26. Dr. Resti Rahayu MSi
  27. Dr. Nofrita,M.Si